Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 25 Desember 2022

Penyesuaian Tarif Perumda Tirta Perwitasari Purworejo Disosialisasikan 

Hermawan Wahyu Utomo : Menambah Pelanggan dan Menaikkan Kontribusi Pajak

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air Minum Perumda Air Minum Tirta Perwitasari di pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, Kamis (22/12/2022). Tampak hadir Anggota Komisi III DPRD Purworejo Hendricus Karel SYc SE, Asisten II Drs Sutrisno MSi, Forkopimcam Kutoarjo, Purwodadi, Banyuurip, Pituruh, Kemiri dan perwakilan pelanggan. 

Wabup mengatakan air merupakan komponen penting dalam kehidupan manusia untuk itu harus tersedia dalam kuantitas, kualitas yang baik dan memadai ketersediaannya. "Keberadaan lembaga yang mengurusi air minum termasuk Perumda Air Minum Tirta Perwitasari milik Pemkab Purworejo, memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Sehingga perumda air minum harus dapat dikelola secara profesional, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat tanpa meninggalkan fungsi bisnisnya sebagai perusahaan umum daerah," tandasnya. 

Yuli Hastuti menegaskan PDAM merupakan institusi bisnis tidak hanya sebagai penyedia air semata yang bersifat sosial. Untuk menyalurkan air ke masyarakat tentunya memerlukan investasi dan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan. 

"Seiring dengan kenaikan berbagai komponen utama seperti BBM dan listrik, maka kenaikan tarif air minum menjadi pilihan sulit yang terpaksa harus diambil. Kenaikan tarif juga diperlukan untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan maupun pengembangan cakupan pelayanan," katanya. 

Sementara itu Direktur Perumda Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo ST MSi melaporkan bahwa perusahaannya berupaya menaikkan produksi, menambah wilayah pelayanan, mengurangi kebocoran, menambah pelanggan dan menaikkan kontribusi pajak baik kepada Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah. Kenaikan yang direncanakan adalah sebesar Rp 370,- per meter kubik, dari Rp 2.430,- menjadi Rp 2.800,-. 

"Tahun 2015 jumlah pelanggan hanya 17 ribu yang meliputi 6 kecamatan, pada akhir tahun ini sudah mencapai 30 ribu lebih yang meliputi 10 kecamatan. InsyaAllah tahun depan dapat mencapai 12 kecamatan," ujarnya. 

Hermawan juga melaporkan prestasi yang diraih dan sejumlah penghangaan yang dicapai oleh Perumda Tirta Perwitasari di antaranya selalu mendapat penilaian dari Auditor KAP dengan Wajar Tanpa Pengecualian. Selain itu juga penilaian kinerja dari BPKP maupun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai PDAM yang sehat dan baik, dengan peringkat nilai kinerja selalu naik dari tahun ke tahun. (*)

Sumber Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com