Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Minggu, 02 Oktober 2022

Semangati Wali Siswa di HUT ke-47 : SMPN 8 Purworejo Gelar Kelas Inspirasi

Dua Narasumber, Fran Suharmaji SE MM dan Dr Sudaryanto MSi

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - SMP Negeri 8 Purworejo, bersama Orang Tua dan Wali Siswa yang tergabung dalam Parenting Kelas SMP Negeri 8 Purworejo menggelar kegiatan Kelas Inspirasi, di lapangan sekolah setempat, pada Sabtu 1 Oktober 2022. 

Kelas Inspirasi itu menjadi kegiatan utama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) SMP Negeri 8 Purworejo ke-47 ditahun 2022 ini. Kelas Inspirasi dengan tema Semangat Berkarya Menciptakan Pribadi yang Unggul itu digelar dengan menghadirkan dua narasumber yang merupakan alumni SMP Negeri 8 Purworejo, yaitu Wakil ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Fran Suharmaji SE MM dan Dosen Kartografi dan Pengidraan Jauh, Departemen Sains Informasi Geografi, Fakultas Geografi, UGM Yogyakarta, Dr Sudaryanto MSi. 

Selain Kelas Inspirasi, perayaan HUT ke-47 itu juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Komite sekolah yang diserahkan kepada Kepala SMP Negeri 8 Purworejo, Drs Wahyudi Waluyojati MMPd dan pertunjukan seni tari oleh siswa. 

Hadir dalam kegiatan itu, Sekdin Dindikbud Kabupaten Purworejo, Khusnaini, Muspika Purwodadi, Kades beserta tokoh masyarakat Desa Purwodadi, pengawas SMP dan perwakilan orang tua/wali siswa seluruh kelas di SMP Negeri 8 Purworejo. 

"Hari Ulang Tahun SMP Negeri 8 Purworejo ke-47 ini tema besarnya adalah Kelas Inspirasi. Keinginan kita adalah memberikan edukasi atau penyemangat terhadap orang tua/wali siswa agar bisa turut berperan serta dalam memajukan pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SMP Negeri 8 Purworejo ini. Harapannya bahwa SMP Negeri 8 Purworejo ini bisa lebih maju dari tahun lalu," kata Kepala SMP Negeri 8 Purworejo, Drs Wahyudi Waluyojati MMPd, saat ditemui di sela kegiatan. 

Dijelaskan, kegiatan peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo, dilaksanakan selama dua hari. Pada Jumat 30 September 2022, SMP Negeri 8 Purworejo melaksanakan jalan sehat dengan menyusuri jalan-jalan Desa Purwodadi dan pentas budaya oleh siswa berupa tari Dolalak dan Kuda Kepang di lapangan SMP Negeri 8 Purworejo. 

"Dan pada Sabtu 1 Oktober 2022, dan bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, dilaksanakan tumpengan oleh seluruh siswa, tapi tumpengan ini lebih dikaitkan langsung dengan acara perpisahan kepala sekolah yang lalu yaitu Bu Khusnaini yang saat ini menjabat sebagai Sekdin di Dindikbud Kabupaten Purworejo. Jadi kita bersama parenting di semua kegiatan, dan sekolah hanya mengikuti harapan dari parenting, ini adalah semangat berkarya, membentuk pribadi yang unggul," jelasnya. 

Kelas Inspirasi itu, lanjutnya, sebenarnya telah digagas tahun lalu oleh kepala sekolah terdahulu, yang intinya Kelas Inspirasi itu dilaksanakan sebagai sarana untuk mengajak dan mendidik, mengedukasi masyarakat, bahwa pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. 

"Ini yang merupakan kewajiban kita mengedukasi pentingnya peran masyarakat untuk pendidikan. Harapan kedepan Kelas Inspirasi ini akan lebih baik lagi, artinya dari kegiatan yang hanya diundang perwakilan 10 wali siswa atau orang tua siswa per kelas dalam kegiatan kali ini, kelak kemudian hari kalau bisa seluruh orangtua, supaya edukasi ini bisa dinikmati betul-betul oleh semua masyarakat khususnya di SMP Negeri 8 Purworejo," ujarnya. 

Wakil ketua DPRD Kabupaten Purworejo, yang juga sebagai alumni SMP Negeri 8 Purworejo, Fran Suharmaji SE MM, mengaku bangga dan apresiasi terhadap pihak sekolah dan parenting yang telah menggelar Kelas Inspirasi itu. 

"Alhamdulillah SMP Negeri 8 Purworejo ini sangat luar biasa, saya sering melihat melalui media bahwa dari sisi kualitas tentunya jauh lebih baik dari pada dulu, sekarang sudah bisa bersaing dengan SMP-SMP yang ada di kota. Itu bisa dibuktikan dengan alumni-alumninya, ada yang jadi Bupati, anggota DPR RI dan lain lainnya," katanya. 

Fran berharap SMP Negeri 8 Purworejo bisa jadi kawah condrokimukonya pengolahan SDM di wilayah Purworejo bagian selatan. 

"Semakin menjadi berkualitas sehingga kita di daerah selatan ini tidak kalah bersaing dengan wilayah kota. Intinya sangat luar biasa, kemauan dari anak-anak di wilayah selatan itu karena biasa bekerja keras saya kira lebih bagus dalam perkembanganya," pungkasnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com