Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Sabtu, 17 September 2022

Guru PAUD Non Formal sebagai Pendidik Berintegritas menuju Kesetaraan

Dari Peringatan HUT ke-17 Himpaudi di Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pengurus Daerah (PD) Himpaudi Kabupaten Purworejo, menggelar puncak peringatan HUT Himpaudi ke-17 tahun 2022, di Alun-alun besar kota Purworejo, pada Sabtu 17 September 2022. Peringatan HUT itu diikuti oleh 1.200 guru PAUD Non Formal se-Kabupaten Purworejo. 

HUT dilaksanakan dengan mengambil tema Menjadi Pendidik Berintegritas menuju Kesetaraan. Berbagai kegiatan mengisi dan memeriahkan puncak peringatan HUT Himpaudi itu, yaitu dengan menjadikan kegiatan itu sebagai ajang Kreativitas Pendidik PAUD serta Senam Anak Merdeka Berjiwa Pancasila. Kegiatan puncak peringatan HUT Himpaudi ke-17 ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon oleh Ketua PD Himpaudi Kabupaten Purworejo, Siti Muflihah, Kepala Dindikbud Purworejo Wasit Diono dan Bunda PAUD Kabupaten Purworejo, Hj Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian. Kegiatan menjadi meriah dan semarak dengan ditampilkannya sejumlah pertunjukan seni dan tari di antaranya tari Pelajar Pancasila, tari Nusantara, lalu dilakukannya konfigurasi dari 1.200 guru dengan membentuk tulisan HUT Himpaudi ke-17, pemberian berbagai hadiah perlombaan, pemberian kartu anggota Himpaudi, pembagian atau tukar kado antarguru PAUD Non Formal, antar PC Himpaudi dari 16 Kecamatan, flassmob tari Pelajar Pancasila, senam bersama Anak Merdeka Berjiwa Pancasila dan diakhiri dengan pementasan seni kreativitas dari 16 PC Himpaudi Kecamatan dari 16 kecamatan di Kabupaten Purworejo. 

Selain Bunda PAUD Kabupaten Purworejo, yang sekaligus sebagai ketua TPPKK Kabupaten Purworejo, Hj Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, juga turut hadir dalam kegiatan itu, Tim Puspa Pusat dan Ketua Puspa Jawa Tengah, Bunda PAUD Kecamatan dari 16 Kecamatan, Ketua GOPTKI, IGTKI, IGRA Kabupaten Purworejo, perwakilan DPRD Purworejo, Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Muspika Purworejo, penasehat Himpaudi dan Laskar Himpaudi se-Kabupaten Purworejo. 

Ketua PD Himpaudi Kabupaten Purworejo, Siti Muflihah, mengatakan, acara Perayaan HUT Himpaudi ke-17 tahun 2022 diikuti oleh 1.200 guru PAUD Non Formal (NF) dari 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo. 

"Ibarat seorang anak usia 17 tahun merupakan usia/masa puber, masa di mana mulai memasuki usia dewasa. Kami sangat bersyukur Himpaudi telah berusia 17 tahun, terima kasih kepada semua pihak yang telah melahirkan Himpaudi pada tanggal 31 Agustus lalu di Kota Batu Malang, yang telah membuat logo Himpaudi dengan gambar lompatan orang dewasa dan anak yang sama-sama memegang tiang bendera Merah Putih dengan simbol hati di tengahnya. Ini lambang lompatan bersama pendidik dan peserta didik dalam menggapai cita-cita membangun Indonesia dengan segenap cinta dan kasih sayang," kata Siti Muflihah. 

Disampaikan, HUT Himpaudi tahun ini diisi dengan serangkaian kegiatan yang bertajuk tentang 17an menjadi pendidik berintregitas menuju kesetaraan. Beberapa kegiatan itu dilaksanakan dengan mengikuti apa yang saat ini sedang trend, yaitu seleksi lomba Tik Tok dengan tema Kesetaraan Guru PAUD, sosialisasi kurikulum merdeka, lomba video pembelajaran yang menunjukkan memerdekakan anak sebagai salah satu upaya menyiapkan performa pendidik dalam mengikuti Akreditasi, mengikuti lomba cipta lagu anak di tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan menyosialisasikan senam anak merdeka Laskar Himpaudi Kabupaten Purworejo. 

"17 tahun Himpaudi secara tulus tetap mengajar anak-anak usia dini meskipun belum disebut sebagai seorang guru. Ketulusan dan keikhlasan teman-teman Himpaudi mengabdi karena Allah, inilah yang insya Allah menjadikan doa-doa kita dikabulkan oleh Allah. Yang kita perjuangkan saat ini adalah RUU Undang-undang Sisdiknas yang diharapkan guru-guru PAUD Non Formal ini akan mendapat penghargaan yang layak dan bisa di sebut sebagai seorang guru. Berdoa selalu semoga kesetaraan itu segera terwujud," jelasnya. 

Dirinya mengajak kepada seluruh guru PAUD Non Formal untuk memantaskan diri agar layak disebut guru di hadapan Tuhan dengan menjadi guru yang bisa memberikan pengajaran yang memerdekan anak, menjadi seorang guru yang menyenangkan dan tuntas dalam mengajar yang kehadirannya selalu dirindukan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, menyampaikan apresiasi dan selamat ulang tahun kepada Himpaudi yang ke-17 itu. "Di usia ini semoga bisa mulai dewasa, semakin diakui keberadaannya dan semakin diperhatikan oleh pemerintah khususnya para tenaga pendidiknya. Di Purworejo ada sebanyak 1.200 guru PAUD NF yang saat ini masih berjuang agar status mereka bisa disetarakan atau disejajarkan dengan para guru dan usulan ini sudah sampai pusat, harapannya harapan mereka semoga bisa terkabulkan," katanya (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com