Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 18 September 2022

40 Pesilat Dikukuhkan menjadi Anggota Padepokan Kuntho Sejati

Padepokan di Desa Kaliglagah Kecamatan Loano-Purworejo 

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Untuk melestarikan budaya leluhur dan mengaktifkan kembali pasca pandemi, sebanyak 40 pesilat dikukuhkan menjadi anggota Padepokan Pencak Silat Kuntho Sejati Desa Kaliglagah Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, Sabtu. (17/9/2022). 

Pengukuhan diawali acara selamatan dan doa bersama serta pagelaran pentas seni dari 10 padepokan pencak silat yang ada di wilayah Kecamatan Loano dan Samigaluh Kecamatan Kulonprogo, DIY. 

Menurut pimpinan Padepokan Kuntho Sejati Rowawi, tujuan kegiatan  sebagai sarana untuk melestarikan seni bela diri pencak silat kususnya di Desa Kaliglagah setelah vakum hampir kurang lebih dua tahun  karena pandemi Covid-19 yang melanda tanah air. 

"Kita aktifkan kembali Padepokan Kuntho Sejati ini, agar tidak hilang karena kurang opennya kita para sesepuh dan senior terhadap regenerasi bagi para pemuda," ungkapnya. 

Rowawi menyampaikan kegiatan juga merajut kembali hubungan silaturahmi antara padepokan pencak silat yang ada di wilayah Kecamatan Loano untuk bersama-sama melestarikan dan menjaga agar kesenian ini tidak hilang oleh kemajuan zaman. 

"Dengan adanya pertemuan seperti ini diharapkan ke depannya seni pencak di wilayah Kecamatan Loano akan lebih maju dan menjadikan minat bagi para pemuda untuk bergabung belajar bersama," harap dia. 

Sementara itu salah satu pesilat perempuan asal Samigaluh, Eva, menyambut baik apa yang diprakarsai Padepokan Kuntho Sejati untuk mengadakan pentas seni antara desa sehingga acara seperti ini menambah semangat baru dalam berlatih, juga saling bersilaturahmi untuk meningkatkan prestasi dari masing masing padepokan. "Seni pencak silat ini sangat bermanfaat bagi bagi diri sendiri, selain mengolah raga juga sebagai sarana bela diri kita terutama bagi para perempuan yang rawan dari gangguan orang yang akan berniat jahat kepada," kata Eva. (*/kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com