Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Minggu, 31 Juli 2022

Warga Dusun Manisjangan Desa Seren-Gebang Gelar Kirab Adat Jawa

Tirakatan Suroan di Jalan, Meriahkan Tahun Baru Islam

Kirab adat Jawa yang digelar warga Dusun Manisjangan Desa Seren Gebang-Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Ribuan warga Dusun Manisjangan Desa Seren Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, memeriahkan peringatan tahun baru Hijriyah 1444 Hijriah atau Tirakatan Suroan. Hal tersebut dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur mereka kepada Sang Pencipta yang telah memberikan nikmat hingga bisa memasuki tahun baru Islam. 

Tahun baru Islam yang jatuh pada Sabtu (30/7/2022) tersebut diperingati warga juga sebagai sarana untuk mendoakan agar Virus Covid-19 bisa hilang dan hasil panen warga Dusun Manisjangan hasilnya baik, gemah ripah loh jinawi. Dalam peringatan tersebut warga membuat tumpeng yang dibuat di rumah Kadus Manisjangan dan diarak sampai ke tengah dusun. 

Kepala Dusun Manisjangan Sunardi menjelaskan dalam tumpeng disediakan beberapa macam sajian makanan seperti ingkung (ayam), bubur merah dan putih, serta seribuan nasi yang dibungkus daun pisang. Setelah diarak tumpeng didoakan oleh Kyai setempat supaya warga terhindar dari marabahaya, terutama wabah Covid 19, kegiatan juga diisi juga dengan selawatan/srakalan dan pada puncaknya merebutkan tumpeng dan dimakan bersama-sama. 

Setelah acara serimonial selesai akan ditampilkan seni kempling semalaman suntuk. "Hal itu sebagai wujud doa kita yang kita simbolkan dengan berbagai macam bentuk makanan, kita terus melestarikan adat Jawa yang luhur," katanya. 

Ribuan  warga tersebut tumpah ruah di jalan dusun berjajar sepanjang 200-an meter tempat acara puncak digelar. Masyarakat setempat menyebut acara tersebut dengan malam "Tirakatan Suroan" yang rutin digelar setiap tahun, namun tahun ini lebih meriah dan dihadiri sekitar seribuan orang dari dusun tersebut. 

"Setiap tahun kita gelar acara Tirakatan Suroan namun bedanya kali ini kita meriahkan dengan memotong kambing, kirab menggunakan pakaian adat Jawa, kalau biasanya kita potong ayam," imbuh Sunardi. 

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Desa Lukmanto, tokoh adat H.Sunarko, Sekdes, Ketua BPD, tokoh masyarakat dan lainnya. Sementara itu kepala Desa Seren Lukmanto mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan tersebut dapat memberikan contoh bagi dusun yang lain. Kegiatan yang positif Tirakatan Suroan dapat mempererat tenggang rasa dan kerukunan antarwarga. "Kegiatan ini dapat dijadikan contoh yang baik bagi dusun yang lain, kegiatan ini bisa membuat anak-anak sejenak melupakan gadget dan dapat mempelajari adat Jawa, supaya kita tidak melupakan adat yang baik dari para leluhur," urai Lukmanto. (*/kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com