Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Kamis, 21 Juli 2022

Melihat Program Kampus Merdeka di SDN 1 Gandulan-Temanggung

Mahasiswa dari Beberapa Perguruan Tinggi Memberi Peran Nyata 

Penerapan Kampus Mengajar di SDN 1 Gandulan Kajoran Kabupaten Temanggung
TEMANGGUNG, KABARJATENG.CO.ID - Kampus Mengajar merupakan salah satu bagian dari program Kampus Merdeka yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2021. Itu  sebagai respon untuk mengatasi tantangan dalam dunia pendidikan terlebih pada masa pandemi Covid-19. 

Kampus Mengajar sebagai salah satu program dari Merdeka Belajar, Kampus Merdeka mengajak mahasiswa untuk berkontribusi nyata serta memberikan dampak positif dalam pembelajaran baik di Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya di daerah 3T dan sekolah terakreditasi C. 

Melalui program ini mahasiswa dituntut untuk memberikan pembelajaran literasi dan numerasi, etika, pembelajaran komunikasi dan adaptasi teknologi, pembiasaan Profil Pelajar Pancasila serta prinsip Perlindungan Anak (Child Protection) maupun lain sebagainya. 

Program Kampus Mengajar yang telah memasuki angkatan ketiga ini menjangkau lebih banyak satuan pendidikan dan menjaring lebih dari 20 ribu mahasiswa untuk berperan dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya di SD Negeri 1 Gandulan Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

Berbagai mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Terbuka, Universitas Sebelas Maret dan perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta turut berperan dalam program Kampus Merdeka ini. 

Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa-mahasiswi  tersebut di antaranya adalah program mengajar atau berkolaborasi dengan guru kelas, program tambahan kelas khusus untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, program sharing IT dengan guru dan siswa untuk proses adaptasi teknologi, program pengelolaan perpustakaan dan program-program lainnya. 

Berbagai program yang dilaksanakan mahasiswa di SD Negeri 1 Gandulan ini mendapat respon baik dari pihak sekolah dan dukungan penuh pada upaya mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi dan kemampuan adaptasi teknologi siswa-siswi di SD Negeri 1 Gandulan. 

Terlihat antusias dan minat siswa dalam kegiatan yang diselenggarakan para mahasiswa. Kepala Sekolah SD Negeri 1 Gandulan, Surachman SPd menegaskan, dukungan pihaknya untuk program tersebut.

“Kami mendukung penuh dan berterima kasih kepada para mahasiswa Kampus Mengajar yang membantu sekolah kami dalam kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi dan potensi siswa di SD Negeri 1 Gandulan. Harapannya program semacam ini dapat terus berlanjut karena sangat membantu berjalannya kegiatan di sekolah kami dan memberikan daya tarik bagi sekolah kami," ungkap Surachman. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com