Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 08 Juni 2022

Perumahan Bebas Banjir Jadi Kebutuhan di Kabupaten Purworejo

Pengembang Arahiwang Cipta Manunggal  Bangun Perumahan di Borowetan-Banyuurip

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID- Hunian kompleks perumahan yang bebas dari bencana banjir menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Purworejo. Pasalnya, Kabupaten Purworejo merupakan salah satu daerah berisiko tinggi bencana alam. Tidak hanya banjir, melainkan juga tanah longsor hingga tsunami. Seperti diketahui, bencana banjir kembali menerjang Purworejo saat hujan lebat dalam waktu semalaman pada Selasa 31 Mei 2022 hingga Rabu 1 Juni 2022 lalu. 

Dua titik banjir terparah mendapat perhatian langsung dari Bupati dan OPD terkait, yakni area perumahan di Desa Seren Kecamatan Gebang dan Desa Krandegan Kecamatan Bayan. Kondisi tersebut perlu menjadi perhatian dan pertimbangan masyarakat untuk memilih tempat tinggal. Demikian juga bagi developer (pengembang) perumahan yang harus mempertimbangkan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. 

Perhatian itu antara lain dilakukan PT Arahiwang Cipta Manunggal, salah satu developer yang membangun kompleks perumahan Pesona Arahiwang di Desa Borowetan Kecamatan Banyuurip. Pesona Arahiwang terletak sekira 100 meter dari Sungai Bogowonto. 

Pembangunan perumahan di Borowetan
“Jadi jaraknya jauh dari sungai, kalau di sisi barat, ada saluran irigasi DI Boro, jaraknya juga cukup dan irigasi itu tidak pernah banjir,” kata Marketing PT Arahiwang Cipta Manunggal, Galih W saat ditemui di kantor pemasarannya, Senin 6 Mei 2022. 

Menurutnya, berbagai upaya telah dilakukan untuk menjamin banjir maupun genangan air tidak terjadi. Upaya itu bahkan sudah dilakukan sejak awal, sebelum proses pembangunan. 

“Tim kami melakukan survei, memastikan bahwa sebuah lokasi aman, penelusuran antara lain dengan menggali informasi dari masyarakat, terkait masa lalu calon lokasi, apakah sudah pernah terjadi bencana atau belum,” sebutnya. 

Apabila mendapat kepastian sebuah lokasi aman dari bencana, maka proses lanjutan terkait perizinan ditempuh perusahaan. Perizinan antara lain menyoal tentang garis sempadan, IMB, pengeringan, izin pemanfaatan tanah, izin lingkungan, amdal, amdalalin dan perizinan lain yang diperlukan. 

“Soal izin juga, kami tidak berani main-main, semua harus prosedural, tidak boleh ada yang dilanggar,” tegasnya. 

Setelah proses perizinan selesai, dimulailah pembangunan kawasan. Developer sangat memperhatikan soal banjir, yakni dengan membangun drainase yang mumpuni dan cukup. Kanal-kanal kecil dibangun di sepanjang jalan, menghubungkan tiap-tiap rumah dengan saluran pembuangan air hujan. 

“Kanal ini juga dipisah, tidak untuk saluran buang limbah rumah tangga. Drainase jalan ini hanya berfungsi jadi saluran pembuangan air hujan menuju sungai besar,” ungkapnya. 

Galih mengaku, perusahaannya telah berpengalaman dalam mengembangkan komplek hunian. Pesona Arahiwang yang terdiri atas 261 unit rumah merupakan komplek perumahan ke-11 yang dibangun. 

“Sistem kami buat sedemikian rupa, sehingga meskipun hujan berlangsung lama, tidak akan muncul genangan di jalanan perumahan,” tandasnya. 

Penghuni Perumahan Pesona Arahiwang, Eni Suyatmi, menyebut potensi banjir menjadi poin yang harus diperhatikan ketika mencari rumah hunian. Ia mengaku nyaman tinggal di kompleks tersebut karena selama setahun tinggal di perumahan itu, tidak pernah sekalipun terjadi banjir. “Kalau hujan lebat, biasanya air tidak sampai menggenang, langsung mengalir dan begitu hujan reda, jalanan kembali kering,” tuturnya. (*/widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com