Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Rabu, 15 Juni 2022

Hari Purbakala, Museum Tosan Aji Gelar Reresik Watu Purba

175 Benda, Ada Lingga, Yoni, Ganesha, Trimukti maupun Batuan Andesit Menhir  

Resesi watu purba Museum Tosan Aji
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan tradisi Reresik Watu Purba di Museum Tosan Aji Purworejo, Selasa 14 Juni 2022. Kegiatan bersih-bersih benda kepurbakalaan yang tersimpan di dalam Museum Tosan Aji itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Purbakala Nasional ke-109 yang selalu diperingati setiap 14 Juni. 

Tradisi Reresik Watu Purba dilakukan dengan diawali pawai dari dalam gedung Museum Tosan Aji, lalu berjalan kaki dengan membawa panjangilang yang berisi bunga dan lap menuju lokasi benda purbakala dan setelah sampai baru dilakukan upacara pembersihan benda purbakala. 

Ada sebanyak 175 benda purbakala yang ada di Museum Tosan Aji Purworejo yang dibersihkan dalam kegiatan itu, yaitu terdiri dari Lingga, Yoni, Ganesha, Trimukti dan lainnya. Termasuk benda budaya tertua yaitu batu andesit Menhir yang dulu pernah menjadi objek pemujaan di masa pra sejarah dari Desa Semagung Kecamatan Bagelen. 

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih, saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, bahwa tanggal 14 Juni 2022 merupakan Hari Purbakala Nasional. 

"Saya baru tahu beberapa hari lalu kemudian mencoba berembug dengan teman-teman, kita merencanakan sebuah kegiatan atau event kecil-kecilan yang akan kita lakukan sebagai bukti bahwa hari ini adalah Hari ke-Purbakalaan Nasional yang kemudian memang harus diinformasikan ke masyarakat," katanya. 

Dikatakan, salah satu tugas dari kebudayaan adalah menginfokan kepada seluruh masyarakat, maka kegiatan itu merupakan salah satu langkah pasti yang dilakukan dan diharapkan di tahun-tahun mendatang akan menjadi event tahunan. 

"Sehingga bisa kita alih dengan kerjasama dengan anak-anak jadi ketika nanti prosesi reresiknya ini akan bisa dilakukan oleh pengunjung tidak hanya dari kita," ujarnya. 

Dijelaskan, kegiatan itu selain untuk mengisi peringatan Hari Purbakala Nasional, juga untuk mewujudkan rasa menghargai dari temuan benda-benda purbakala yang sudah ditemukan, karena ternyata benda purbakala itu bukan sesuatu yang bersifat kuno saja tapi semuanya merupakan sumber kehidupan. 

"Jadi kalau mau bicara soal sumber kehidupan yang ada di dalam kawasan museum ini baik dari Tosan Ajinya maupun dari purbakalanya, di situ akan terlihat ini yang sebetulnya perlu diketahui oleh seluruh masyarakat lebih-lebih kepada generasi muda, bahwa awal sumber kehidupan itu ada di sini, dan juga sebagai ungkapan penghormatan kita mengadakan prosesi kegiatan ini," jelasnya. 

Terkait panjangilang yang dibawa untuk tempat bunga dalam prosesi itu yang diartikan sebagai haruman dimaksud akan menjaga tidak hanya sampai bersih-bersihnya, tapi kemudian bagaimana itu akan dijaga harumnya dan akan menjaga proses pembersihan yang maksimal sehingga bunga itu dimaksudkan untuk mempermudah menciptakan bau harum. 

"Kalau yang panjangilang ini juga merupakan suatu kerajinan tradisional yang semakin hari akan semakin punah dan ini kita coba untuk kita pertahankan dengan cara ini. Prosesinya hanya dilakukan oleh delapan orang di depan yang membawa panjangilang kemudian delapan orang lagi yang membawa kain lap, jadi prosesinya mereka berjalan dari dalam museum Tosan Aji kemudian menuju benda-benda purbakala lalu mereka berproses dari membersihkan dahulu pakai lap kemudian baru bunga diletakkan," lanjutnya. 

Pemberian bunga, tambahnya, diartikan ketika sudah bersih disempurnakan dengan bau harum seperti kalau manusia mandi disempurnakan dengan sabun kemudian ketika keluar maka baunya tetap harum. (*/widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com