Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 19 Maret 2022

Meriahkan Hari Lahir WR Supratman, Offrouder Purworejo-Yogyakarta Camping Bersama

Di Desa Ngadirejo-Kaligesing, Juta Gelar Safari Jeep Jelajah Desa Wisata

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Belasan offrouder yang tergabung dalam Komunitas Offroud IOF 4x4 dan IOF 2x1 asal Purworejo dan Yogyakarta, mengikuti kegiatan Camping Ground dan Safari Jeep di Desa Ngadirejo Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, pada Jumat 18 Maret 2022 dan Sabtu 19 Maret 2022. 

Kegiatan itu dilaksanakan guna memeriahkan peringatan hari lahirnya pahlawan nasional yang juga sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf (WR) Supratman, yang lahir di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing. Pada Jumat sore, dengan star halaman rumah Kepala Desa Ngadirejo, para offrouder menjajal track offroud hingga sampai ke puncak Bukit Joho atau Joho Adventure Park (JAP) Desa Ngadirejo. 

Pada malam harinya mereka mendirikan tenda dan melaksanakan camping bersama di puncak Bukit Joho. Dalam camping itu juga diisi sejumlah kegiatan berupa penyalaan api unggun, orasi budaya tentang kepahlawanan WR Supratman dan menikmati sunset di puncak Bukit Joho. 

Pada Sabtu pagi mereka melaksanakan tracking sunrise di Bukit Watu Tumpang dan melakukan observasi berupa penanaman pohon kopi, lalu turun ke halaman rumah Kades Ngadirejo dan melaksanakan Safari Jeep dengan menyusuri jalan-jalan desa wisata di Kecamatan Kaligesing hingga sampai di memories house WR Supratman dan kembali lagi ke Desa Ngadirejo. 

"Ini dalam rangka menyemarakkan hari lahirnya Wage Rudolf Supratman sebagai pahlawan nasional sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, sekaligus mempromosikan diri wahana wisata offroud bukit Joho atau Joho Adventure Park," ungkap Kepala Desa Ngadirejo, Agus Muzamil, saat ditemui di lokasi. 

Disebutkan, ada sekira 12 Jeep offroude yang ikut dalam camping ground itu dan pagi harinya ditambah yang tidak ikut camping dengan jumlah sekitar 17-an Jeep untuk ikut Safari Jeep dari Desa Ngadirejo dan melewati sejumlah desa wisata yang ada seperti Desa Pucungroto, Tawangsasi, Pandarejo, Kaligono lalu asumongari dan kembali lagi ke Desa Ngadirejo. 

"Kenapa kita memilih kegiatan offroud karena di sini merupakan salah satu potensi yang ada di Kaligesing yaitu medan di Desa Ngadirejo yang sangat cocok untuk kegiatan offroud, camping dan tracking, dan ini kali pertama dilakukan di Desa Ngadirejo hingga mereka sampai puncak Joho. Selain bisa menikmati keindahan bukit Joho mereka sekaligus berwisata disini," jelasnya. 

Menurutnya, melihat dari medan yang ada di kawasan Perhutani dengan luas sekitar 43 hektar dari perbatasan Desa Tridadi dan Pucungroto, Desa Ngadirejo sangat potensi sekali untuk dikembangkan sebagai wahana offroud. "Kita kepingin sekali lokasi itu bisa menjadi track atau sirkuit bagi offoufer yang terbaik di Purworejo, syukur di Jawa Tengah bahkan di Indonesia, dengan medan yang kita sediakan baik untuk fun, setengah ekstrim dan ekstrim serta super ekstrim insyaallah akan ada disini, apalagi ini ada di kawasan penyangga BOB, dekat dengan bandara YIA, dengan Borobudur dengan Bendung Bener, apalagi sebentar lahi akan ada jakur tol di Purworejo, jadi kita sangat mungkin dengan menyiapkan track yang bagus yang mantab yang insyaallah nanti bisa dimanfaatkan bagi offroder baik 4 x 4, jeep maupun 2x1, traill, tracking, camping dan lain sebagainya di Desa Ngadirejo ini," ujarnya. 

Adapun fasilitas saat ini yang telah disediakan, diantaranya kamar mandi, mushola, tempat rilek dan akses jalan yang terus diperbaiki serta sinyal komunikasi HP yang bagus di lokasi itu. 

"Harapannya semua pihak baik seluruh masyarakat, pemerintah, maupun wisatawan secara umum baik lokal maupun interlokal bahkan mancanegara silahkan untuk bisa mencoba atau njajal suasana bukit Joho Adventurw Park ini, sehingga kita minta doa dan dukunganya mudah- mudahan di Ngadirejo ini tumbuh berkembang potensi wisata yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat secara umum sehingga kita bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," harapnya. 

 Ketua Dewan Pengawas IOF Pusat, Harjanto, bersama Ketua IOF Pengcab Purworejo, Muh Mustofa, dan Ketua IOF 2x1 Purworejo, Nurmansyah Alami, yang turut serta dalam kegiatan itu mengaku senang dan apresiasi terhadap Pemdes Ngadirejo, yang telah membuka wahana offroud di Desa Ngadirejo. 

"Ternyata di sini ada bukit bagus dan mobil bisa sampai disini dan kita telah membuktikan meskipun karena bekas hujan dan kondisi tanah jadi lembek mereka jadi agak kesusahan tapi bila terang akan jadi gampang sampai sini, jadi kebetulan selain dalam rangka memperingati WR Supratman kita juga ingin ikut mempromosikan bukit Joho ini sebagai wisata yang bagus di Purworejo," kata Harjanto. Muh Mustofa mengatakan, dirinya sengaja ikut menginap dan menggelar camping bersama keluarga untuk menikmati keindahan puncak Joho. (widarto) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com