Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 16 Januari 2022

Diskusi Santai Jagongan Kaligesingan Sepakati Digelar Sejumlah Event

Untuk Memeriahkan Peringatan Hari Lahir WR Supratman pada Maret Mendatang

Peserta diskusi santai Jagongan Kaligesingan foto bersama usai dikusi (ist/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sejumlah event dalam rangka menyambut dan mengisi peringatan hari lahirnya komposer lagu Indonesia Raya yang juga sebagai pahlawan nasional yaitu Wage Rudolf (WR) Supratman, pada Maret 2022 mendatang, menjadi tema besar diskusi santai Jagongan Kaligesingan.  

Diskusi tersebut di rumah Kepala Desa Ngadirejo, Agus Muzamil, pada Jumat (14/1/2022) malam. Gagasan atau ide berbagai kegiatan akan dilaksanakan guna mengisi peringatan hari lahir WR Supratman, yang lahir di Desa Sumongari,Kecamatan Kaligesing  Kabupaten Purworejo. 

Tak hanya di Desa Sumongari, rencana kegiatan itu juga akan dilakukan di desa lain, termasuk di Desa Ngadirejo dan Pendopo Kabupaten Purworejo, sebagai spirit perjuangan WR Supratman untuk mengangkat potensi wisata dan ekonomi yang ada di Kabupaten Purworejo. 

Hadir dalam diskusi itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho, Ketua Dewan Pengawas Indonesia Off Road Federation (IOF) Pusat, Harjanto, Ketua Patco Purworejo, Nurmansyah, Camat Kaligesing, Wahyu Jaka Setianta, Kepala Desa Somongari, pegiat wisata Kecamatan Kaligesing, tokoh masyarakat dan jajaran Karang Taruna Desa Ngadirejo. 

"Alhamdulillah, malam ini di Desa Ngadirejo telah diadakan diskusi santai Jagongan Kaligesingan, dengan tema dalam rangka mencari gagasan, mencari usulan, mencari informasi dimana sebentar lagi akan masuk bulan Maret. Dimana kita akan memperingati hari lahir WR Supratman. Kali ini tidak hanya akan dilakukan di Desa Sumongari saja yang menjadi desa kelahiran, tetapi untuk memberikan berkah bagi semuanya khususnya bagi warga Kaligesing. Kami ada beberapa event hasil usulan dari Jagongan Kaligesingan yang insyaallah akan di kolaborasikan, dikembangkan menjadi event yang mana tidak hanya satu hari namun bisa seminggu atau lebih," kata Kepala Desa Ngadirejo, Agus Muzamil, yang juga sebagai salah satu penggagas diskusi santai Jagongan Kaligesingan, saat ditemui usai kegiatan.

Disebutkan, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya akan diadakanya off road nasional di Desa Ngadirejo. Mereka akan bermalam di Desa Ngadirejo dengan melakukan camping groud di objek wisata Bukit Joho, lalu melakukan konservasi dengan menanam pohon, kemudian melakukan parade dengan menyusuri jalan-jalan desa menuju house memories (rumah) WR Supratman di Desa Somongari. 

"Jadi insyaallah nanti dikolaborasikan dengan hari lahir WR Supratman, yaitu dalam rangka menggali potensi wisata Desa Ngadirejo dan ini juga sangat bersinergi dalam rangka menyemarakkan harlah WR Supratman," ujarnya. 

Selain itu, guna mengangkat potensi yang ada di wilayah Kecamatan Kaligesing, dalam perjalanan menuju Desa Somongari, offroader akan mampir di setiap desa yang dilalui, guna mengetahui potensi desa yang dimiliki. 

 "Juga ada usulan nanti akan dilempar ke desa-desa yang dilalui, agar bagaimana untuk ada semacam cek point, misal dari Ngadirejo nanti mampir ke Pucungroro, lalu ke Ngargosari dan desa-desa yang ada di Kaligesing ini. Dan nanti ada cek point apa yang bisa ditampilkan yang akan dilalui oleh para offrouder, sehingga dengan hari kelahiran WR Supratman ini nantinya bisa menjadi berkah bagi Kaligesing, Purworejo dan Indonesia secara umum," bebernya. 

Kegiatan lainya, lanjutnya, pada hari kelahiran WR Supratman pada 19 Maret, akan dilakukan serangkaian acara di Desa Somongari, yaitu malam tirakatan di rumah (house memorial) WR Supratman, napak tilas, forum komunikasi wisata Jawa Tengah dan kegiatan lainnya. 

"Harapan banyak potensi wisata dan ekonomi di Kaligesing ini menjadi terangkat, yaitu mendukung pemerintah dalam rangka pemulihan setelah pandemi Covid-19," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho, mengaku terkesan dan apresiasi dengan dilaksanakannya diskusi santai Jagongan Kaligesingan itu. Kegiatan itu menjadi embrio yang sangat hebat yang dibangun oleh masyarakat Kaligesing secara sendiri yaitu untuk menguati banyak gagasan dan ide-ide positif untuk membangun Purworejo. 

"Tema malam ini mengerucut pada kesiapan untuk festival WR Supratman, bagaimana potensi WR Supratman sebagai pencipta lagu Indonesia Raya yang lahir di Kaligesing dijadikan sesuatu untuk mengangkat parisata lokal, ekonomi lokal daerah Kaligesing, tidak hanya di Desa Somongari tapi diseluruh Kaligesing dan syukur nanti bisa dikolaborasikan menjadi salah satu daya tarik Purworejo secara tingkat kabupaten. Banyak ide yang muncul, dengan semangat yang luar biasa yang nanti akan muncul sebuah konsep untuk mengisi kegiatan di bulan Maret utamanya dalam mengisi peringatan hari lahirnya WR Supratman," katanya. 

Diungkapkan, guna mendukung hal itu, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, sudah memasukkan festival WR Supratman dalam rangkaian hari jadi Purworejo ke-191. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com