Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 13 Oktober 2021

8 Desa di Kecamatan Pituruh-Purworejo Lakukan Normalisasi Sungai

Untuk Tingkatkan Hasil Pertanian, Harapkan BBWSO Cepat Tanggap 

Normalisasi sungai yang dilakukan delapan desa di Kecamatan Pituruh-Purworejo (koim/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID -   Sebanyak 8 desa di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, sepakat melakukan normalisasi Sungai Galeh, demi mengatasi permasalahan pertanian di kawasan tersebut. 

Kendati normalisasi sungai tersebut menjadi tanggung jawab Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO) yang berkantor di Yogyakarta, namun karena tak kunjung ada reaksi, hingga Pemdes dari delapan desa di Pituruh melakukan aksi normalisasi sendiri. 

Diakui, sudah beberapa kali diajukan agar BBWSO melakukan normalisasi karena sungai yang dangkal, namun tak kunjung bereaksi.

Pantauan media ini, normalisasi sungai salah satunya di Desa Karanggetas Kecamatan Pituruh. Pemdes Karanggetas berinisiatif melakukan normalisasi yang merupakan aspirasi dari masyarakat. 

Demi peningkatan hasil pertanian, 8 desa di Kecamatan Pituruh rela melakukan normalisasi
Panjang sungai yang dinormalisasi di Desa Karanggetas sekira 300-an meter, dengan biaya Rp 10 juta. Pemdes Karanggetas mengandalkan dari kas desa, tidak menarik iuran dari warga. Beberaap warga yang ditemui kabarjateng mengakui, semenjak dinormalisasi, hasil pertanian mereka peningkat. Dalam setahun bisa panen sebanyak dua kali, sebelum normalisasi acap gagal panen. 

"Terima kasih Pemdes Karanggetas yang berinisiatif melakukan normalisasi sungai demi hasil pertanian yang baik. Diharapkan BBWSO juga tanggap, melakukan normalisasi atau membenahi kawasan sungai," harap warga Karanggetas yang ditemui media ini. 

Salah satu desa lainnya yaitu Desa Kembangkuning Kecamatan Pituruh. Pemdes setempat melakukan normalisasi bersama masyarakat dengan cara  iuran. Iuran didasarkan dari ubinan sawah, per ubin Rp 150 , sehingga jika memiliki  seratus ubin sawah membayar iuran Rp 150 ribu. Normalisasi sungai di Desa Kembangkuning sepanjang 300 m lebih. 

"Anggaran yang diperlukan untuk normalisasi sungai di Kembangkuning sebesar Rp 10 juta. Masyarakat sudah pusing memikirkan kebanjiran  akibat dangkalnya sungai. Setiap tahunnya  gagal panen, makanya harus dilakukan normalisasi," ungkap Kades Kembangkuning, Supriyati. 

"Kami berharap agar BBWSO maupun Probolo bisa menengok dan memperbaiki sungai-sungai yang sudah dangkal agar dinormalisasi semaksimal mungkin," harap Supriyati. 

Diharapkan pula agar dibangun talud untuk wilayah persawahan. Demikian pula untuk wilayah Desa Petuguran, juga dilakukan normalisasi sungai. Pemdes Petuguran juga mengharapkan dibangun talud, aga tidak terjadi longsor. (*)

 penulis   : ngabdiri koim

editor     : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com