Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 10 September 2021

Sakralnya Tetirah Trah Bagelen di Sejumlah Makam Leluhur

Warga Kenakan Busana Adat Bagelenan,  Bawa Sajian Makanan Lengkap

Teritah atau ziarah yang dilakukan Yayasan Trah Bagelenan Indonesia (foto widarto for kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sejumlah warga yang tergabung dalam Yayasan Trah Bagelenan Indonesia menggelar kegiatan tetirah ke sejumlah makam leluhur Bagelen, yang ada di Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (9/9/2021). 

Tetirah atau yang lazim disebut ziarah itu dilaksanakan, mendoakan ulama, tokoh atau leluhur yang telah meninggal dunia. Beberapa tempat yang dikunjungi Yayasan Trah Bagelenan Indonesia seperti petilasan Nyai Bagelen, petilasan Kanjeng Sunan Geseng, makam Eyang Patih Danurejo, makam Den Bagus Gentho, makam simbah Lurah Wongsoirono dan simbah Lurah Danupawiro. 

Pantauan media ini, kegiatan tetirah tersebut berjalan unik dan terkesan sakral. Warga yang datang ke makam-makam leluhur mengenakan busana adat Bagelenan serta membawa walimah berupa makanan matang lengkap dengan sayur, lauk pauk dan beberapa buah-buahan untuk disajikan di makam atau petilasan yang dikunjungi. 

Usai melakukan tetirah, warga makan nasi tumpeng yang sudah disediakan (foto widarto)
Usai melakukan tetirah, warga menggelar kembul bujono, yaitu makan bersama nasi tumpeng yang telah disediakan di pendopo Yayasan Trah Bagelenan Indonesia yang berada di Desa Kalirejo Kecamatan Bagelen. 

"Melalui terirah ini kita teladani dan teruskan semangat leluhur dalam membangun Bagelen," kata Ketua Yayasan Trah Bagelenan Indonesia, Subagyo saat ditemui usai kegiatan. 

Disampaikan, tetirah itu dilaksanakan dalam rangka menyambut deklarasi Yayasan Trah Bagelenan Indonesia, yang rencananya dilaksanakan Sabtu (11/9/2021). Tetirah dilaksanakan untuk mendoakan juga meminta restu kepada leluhur agar kegiatan deklarasi bisa dilaksanakan secara lancar. 

"Berangkat dari hal itu kita bisa mendapatkan dukungan dari para leluhur kita yang ada di Bagelen, agar rencana kita melaksanakan deklarasi bisa berjalan secara lancar," katanya. 

Untuk diketahui, Yayasan Trah Bagelenan Indonesia dibentuk sebagai wadah bagi warga keturunan Trah Bagelen. Dalam sejarah wilayah Bagelen dahulu cukup luas, meliputi sebelah barat sampai perbatasan Cilacap, sebelah utara sampai Dieng dan sebelah timur sampai sungai Brantas. 

Trah Bagelan yang siap nguri-uri adat dan budaya Bagelen (foto widarto for kabarjateng)
"Mereka ini akan kita wadahi dalam wadah Yayasan Trah Bagelen. Dimana yayasan ini memiliki visi misi dan program kerja untuk berperan aktif dalam mewujudkan dinamika perkembangan pembangunan baik secara sosial , budaya maupun ekonomi yang ada di wilayah Bagelen," jelasnya. 

Ditambahkan, kegiatan tetirah sudah dilaksanakan sejak lama dan menjadi tradisi turun-temurun khususnya yang ada di Bagelen, dimana di setiap ada acara yang sifatnya menyangkut ritual sakral di masyarakat Bagelen, warga melaksanakan kebiasaan yang namanya tetirah. 

"Ini sebagai bentuk nguri-nguri adat kebudayaan Bagelen, melestarikan salah satu adat budaya yang ada di wilayah Bagelen," tambahnya. 

Dengan tetirah, pihaknya berharap bisa mendapatkan berkah kelancaran dalam melaksanakan kegiatan yang akan dilaksanakan, baik secara program kerja tayasan maupun secara individu dalam yayasan. "Agar diberikan kesuksesan dengan tidak meninggalkan adat budaya Bagelen," tutup Subagyo. (*/widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com