Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 15 September 2021

Fatimah Agus Bastian : Perkuat Pangan Lokal untuk Hindari Covid-19

Pelatihan peningkatan pemenuhan gizi keluarga gelaran PKK Kabupaten Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir menuntut semua orang untuk menjaga imunitas tubuh. Imun tubuh salah satunya dapat diperoleh dari pangan lokal di sekitar tempat tinggal masing-masing. 

Maka sangatlah penting, mengolah pangan dari bahan pangan lokal yang mudah didapat dan murah. Hal tersebut dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE, saat pelatihan peningkatan pemenuhan status gizi keluarga. 

Kegiatan yang berlangsung di Aula PKK Selasa (14/9/2021) juga dihadiri Rahyuning Roeswardjito, Dra Titik Mintarsih MPd, Suwarti, Sri Bandu Sunardi, Maini Widarto dan sejumlah pengurus lainnya. 

Lebih lanjut Fatimah Agis Bastian mengatakan, ketersediaan bahan pangan lokal di Jawa Tengah sangat melimpah di sekitar kita. Pengetahuan masyarakat masih kurang terutama dalam pengolahan dan pemenuhan konsumsi gizi bagi keluarga yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). 

Bahkan pengolahannya, masih apa adanya dan kurang memenuhi syarat kesehatan seperti keamanan makanan, ukuran atau takaran makanan. Melalui pelatihan ini diharapkan, akan dapat mengimplementasikan pengolahan pangan yang memenuhi syarat B2SA dan dengan penyajian yang menarik. 

“Tentunya dengan bahan lokal yang ada di sekitarnya seperti pemanfataan HATINYA PKK. Kita harus bangga dengan pangan lokal, jangan bangga dengan makanan instan,” harap Fatimah. 

Sementara itu Indiyah Kuntarti menjelaskan, kegiatan pelatihan peningkatan pemenuhan status gizi keluarga ini diikuti 60 peserta yang dibagi dalam dua hari. Peserta terdiri perwakilan TP PKK Kecamatan dan Desa Binaan. Tujuan pelatihan, untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan peserta tentang pengolahan pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman. 

Di samping itu, juga untuk memasyarakatkan dan membudayakan pola konsumsi pangan B2SA kepada masyarakat melalui upaya-upaya penyebarluasan informasi, penyadaran sikap dan perilaku, serta ajakan untuk memanfaatkan pangan lokal sebagai sumber gizi keluarga demi terciptanya pola hidup sehat, aktif, dan produktif. Dalam pelatihan tersebut Fatimah Agus Bastian melihat secara langsung contoh hasil pengolahan pangan dan sajian pangan untuk konsumsi keluarga. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com