Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 09 September 2021

Bimtek Holtikultura di Magelang, Vita Ervina : Budidaya Kelengkeng untuk Menambah Penghasilan

Gelaran bimtek teknik budidaya dan pemasaran kelengkeng di Kabupaten Magelang (ist/kj)
MAGELANG,KABARJATENG.CO.ID -  Setelah sebelumnya digelar di Kabupaten Puworejo bersama beberapa kelompok tani, anggota DPR RI dapil Jawa Tengah VI Vita Ervina SE MBA, kembali menggelar bimbingan teknis di Kabupaten Magelang, Rabu (8/9/2021). Untuk di Magelang, mengenai peningkatan kapasitas petani holtikultura teknik budidaya dan pemasaran buah kelengkeng. 

Gelaran ini bekerja sama dengan  Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI. Untuk diketahui, ada empat komoditas holtikultura unggulan menjadi prioritas pengembangan di wilayah Kabupaten Magelang. Komoditas unggulan tersebut yaitu salak, kelengkeng, durian dan pepaya. 

Hal ini disampaikan Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Magelang, Ade Sri Kuncoro yang mengikuti saat gelaran bimtek.  

“Untuk salak ada sebanyak 3.704.136 pohon, kelengkeng 3.712 pohon, durian 97.790 pohon, dan pepaya sebanyak 304.281 pohon,“ kata  Ade Sri Kuncoro.

Ia menambahkan, pengembangan tanaman holtikultura di Kabupaten Magelang setelah mendapatkan refocusing pada Agustus 2021 lalu, mendapatkan fasilitasi kegiatan pengembangan kawasan kelengkeng seluas 30 hektare.

Dana kegiatan itu  melalui  anggaran pemulihan ekonomi nasional dan berada di wilayah Kecamatan Salaman. Selain itu, juga ada kawasan kelengkeng aspirasi (dapil) seluas 20 hektare dan juga berada di wilayah Kecamatan Salaman.

“Fasilitas pengembangan kawasan tersebut, merupakan bantuan yang difasilitasi anggota Komisi IV DPR RI dapil IV Jateng dari Fraksi PDI Perjaungan, Ibu Vita Ervina. Kegiatan fisik dan non fisik tersebut sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Magelang,” urai Ade Sri Kuncoro. 

Masih kata dia, pengembangan kawasan kelengkeng di sekitar kawasan super prioritas  nasional Borobudur tersebut, diharapkan bisa mendukung  dan mengangkat sektor pariwisata dan pertanian.

Disebutkan, bimbingan teknis dari Kementerian Pertanian dan difasilitasi Vita Ervina tersebut dinilai sangat penting, bagi  pengembangan kawasan kelengkeng di sekitar Bukit Menoreh.

“Budidaya kelengkeng  saat ini sedang didorong Pemerintah Kabupaten Magelang dalam upaya mendukung program pemerintah yang menetapkan Borobudur sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional,” tegas Vita Ervina. 

Vita menambahkan, dengan penetapan kawasan  tersebut, masyarakat yang ada di sekitar kawasan Borobudur, jangan hanya menjadi penonton. Masyarakat di wilayah Perbukitan Menoreh juga harus berperan aktif.

“Warga sekitar Bukit Menoreh harus turut mengelola dan mampu bertransformasi melalui budidaya kelengkeng. Agar bisa ikut menambah penghasilan,” terang dia. (*/kj)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com