Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 05 Agustus 2021

Untuk Pengairan Sawah Petani : Pemdes Sumberrejo-Ngombol Bangun Talang Air

Kades Sugito : Utamakan Sisi Kualitas, Semua Dikerjakan secara Swakelola

Kades Sumberrejo-Ngombol H Sugito mengawasi pembangunan talang air (foto sigit/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pemerintah Desa Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo di bawah kepemimpinan Kepala Desa H Sugito, terus bergerak melakukan inovasi demi kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakatnya. 

Salah satu yang menjadi fokus Pemdes Sumberrejo-Ngombol yaitu pembangunan di bidang pertanian, seperti upaya pemenuhan kebutuhan pengairan sawah-sawah milik petani. Saat ini sedang dilakukan pembangunan talang air, yang merupakan pekerjaan paket kedua di tahun 2021 menggunakan dana desa (DD) sebesar Rp 112 juta. 

Ditemui kabarjateng di lokasi pembangunan talang air, Senin (2/8/2021) siang, Sugito sedang mengawasi jalannya pekerjaan, sekaligus memberikan arahan langsung terkait konstruksi talang air. Mulai dari perencanaan hingga pembuatan konstruksi talang air, semua dilakukan oleh Pemdes Sumberrejo dengan swakelola, maklum Kades Sugito memang ahli dalam bangunan atau konstruksi, pengalamannya sebagai kontraktor sukses di Tangerang, ilmu dan pengalamannya banyak dibagikan ke masyarakat luas. 

Kades Sugito sangat memperhatikan sisi kualitas setiap proyek yang dilakukan (foto sigit/kj)
"Semua pengerjaannya secara swakelola, dan kami prioritaskan sisi kualitasnya. Jadi talang air yang dibangun ini, dapat awet, tahan lama," sebut Sugito. 

Talang air yang dibangun tersebut, melintasi Sungai Cluwek yang mengalir di kawasan tersebut, panjang talang air 38 meter, dengan lebar dan tinggi 60 Cm. Pengamatan media ini, ada sebanyak 6 tiang cor untuk menyangga talang air yang dibangun. Pembuatan tiang cor, sebelumnya dilakukan pengeboran, tiang dari pipa paralon besar yang dilakukan pengecoran. 

Kepala Desa Sumberrejo Sugito selalu membagi ilmu dan pengalamannya ke masyarakat
Sugito menjelaskan, saluran irigasi yang nantinya mengalir melalui talang air yang dibangun, airnya bersumber dari Bendungan Siwatu di Desa Kedungkamal-Grabag. Kades Sugito optimis, kebutuhan air para petani di desanya akan tercukupi. 

"Memang sebelumnya menjadi keluhan para petani untuk mencukupi kebutuhan pengairan sawah. Harapannya dengan dibangun irigasi dengan terobosan pembuatan talang air, kebutuhan air petani akan tercukupi," tegas Sugito. 

Tidak hanya dalam pembangunan fisik sebagai sarana pendukung pertanian, Kades Sugito juga memberi contoh kepada masyarakat, dengan terjun langsung mengelola sawah. Dari pertanian padi, kombinasi tanaman pangan lainnya seperti kacang hijau maupun tanaman-tanaman pangan lainnya. Termasuk untuk pemasarannya, Sugito juga mencari  terobosan bagi para petani di desanya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (kj) 

 

2 komentar:

  1. Maa Syaa Allah... Terimakasih pak H Sugito.. Matur nuwun sanget... Baarakallahu fiikum

    BalasHapus


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com