Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 24 Juni 2021

Bangun Generasi Anti Hoax, Pramuka Kwarcab Purworejo Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan jurnalistik gelaran Pramuka Kwarcab Purworejo (ist/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Guna menumbuhkan generasi muda yang cakap dalam bidang jurnalistik, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo menggelar pelatihan jurnalistik dan media sosial dengan tema Jadikan Jurnalistik yang Aktif, Kreatif dan Inovatif. 

Pelatihan jurnalistik dan media sosial tersebut juga untuk membangun generasi jurnalistik yang bertanggung jawab dan anti hoax. Pelatihan diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan anggota Pramuka dan siswa SMA/SMK se-Kabupaten Purworejo yang menghadirkan narasumber dari kalangan keluarga Kwartir cabang Purworejo, kalangan media sosial dan pengusaha. 

Acara pelatihan dibuka Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo Pram Prasetya Ahmad di Sanggar Bakti Pramuka Purworejo, Selasa (22/6/2021). Pram Prasetya Ahmad mengemukakan, pelatihan ini digelar untuk menyiapkan generasi muda dalam hal peningkatan kapasitas pada bidang jurnalistik. Peningkatan diperlukan karena dewasa ini pemanfaatan jurnalistik dan media sosial sangat masif. 

"Kita tahu bahwa aktivitas jurnalistik dan media sosial memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan masyarakat baik dalam konteks politik, sosial, budaya dan yang lainnya," ungkap Pram. 

Maka dari itu, lanjut Pram, generasi muda harus memahami bagaimana mengolah sebuah karya jurnalistik dengan baik dan menginformasikan suatu hal dengan sesuai fakta yang ada. Sehingga tercipta jurnalistik yang bertanggung jawab yang akan menghadirkan hal yang positif di tengah-tengah masyarakat. 

"Namun jika yang diberitakan hoax, maka akan menimbulkan kegaduhan yang negatif di masyarakat, oleh karena itu, dengan adanya pelatihan ini, generasi muda nantinya bisa menjadi kader-kader jurnalistik yang bertanggung jawab dan anti hoax," jelas Pram. 

Lebih lanjut, Disampaikan Pram, peserta prlatihan juga dilatih dalam hal penalaran informasi dan bagaimana mewartakannya. Peserta juga dilatih agar bijak dalam penggunaan media sosial. Agar media sosial bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan dan kapasitas generasi muda yang positif dan tidak mudah terpengaruh berita bohong. 

"Dalam pelatihan peserta nantinya akan dilatih bagaimana menyusun narasi, bagaimana memahami suatu masalah dan bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan," papar Pram. 

Peserta, lanjutnya, akan dilatih kepekaannya terhadap suatu peristiwa dan permasalahan, sehingga bisa tahu bagaimana harus bersikap dalam menghadapi suatu peristiwa. Dalam pelatihan ini, peserta juga akan diberikan wawasan kemampuan berkomunikasi yang baik. Bagaimana cara mengkomunikasikan sebuah informasi sehingga bisa diterima dengan jelas oleh masyarakat. Dengan komunikasi yang baik maka akan terbangun juga kemampuan adaptasi yang baik. 

"Mereka akan dilatih kemampuan mengolah berita dan memberitakan suatu informasi, dengan komunikasi yang baik maka bisa membangun simpati dan empati sehingga sebuah informasi bisa diterima dengan baik oleh masyarakat," tandasnya. 

Sementara itu, ketua penyelenggara kegiatan pelatihan Wuryanto mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik dan media sosial dengan tema Jadikan Jurnalistik yang Aktif, Kreatif dan Inovatif ini akan dilaksanakan sehari penuh mulai pukul 07.30  sampai 16.30 WIB. 

"Kegiatan ini dipandu oleh narasumber dari kalangan keluarga Kwartir cabang Purworejo, kalangan media sosial dan pengusaha dan diikuti 35 anggota Pramuka Kwarcab Purworejo yang juga merupakan siswa SMA/SMK se-Kabupaten Purworejo," bebernya. 

Nantinya, lanjutnya, peserta pelatihan akan dibekali pengetahuan mengenai jurnalistik dan kehumasan. Diharapkan setelah pelatihan ini peserta bisa paham tentang proses bagaimana peliputan suatu kegiatan dan menyampaikan informasi kegiatan tersebut melalui sebuah narasi yang penuh tanggung jawab dan realistis. 

"Diharapkan dengan adanya pelatihan ini akan menumbuhkan generasi jurnalistik yang berkualitas yang bisa menyampaikan informasi yang sesuai fakta," imbunya. 

Ditambahkan Wuryanto, pelatihan ini bisa menjadi bekal kemampuan bagi para peserta dalam bidang jurnalistik yang bertanggung jawab di masa yang akan datang. "Agar peserta bisa membuat suatu berita yang sesuai fakta sehingga tidak tercipta konflik dari pemberitaan tersebut," pungkasnya. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com