Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 15 November 2019

Bawaslu Gandeng Para Santri, Awasi Pilkada Purworejo

No Hoax, No Money Politic dan Tolak Ujaran Kebencian 

Gerakan pengawasan partisipatif yang dilakukan Bawaslu Purworejo bekerja sama dengan para santri (ist/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purworejo semakin memantapkan diri mengawasi Pilkada Purworejo 2020 mendatang. Setelah secara resmi tahapannya dimulai, Bawaslu semakin mengintensifkan kerjasama dengan simpul-simpul strategis. 

Setelah membentuk tiga desa pengawasan dan tiga desa anti politik uang, Bawaslu kembali menggelar gerakan pengawasan partisipatif. Para santri digandeng untuk diajak terlibat secara aktif dalam pengawasan pemilu partisipatif. Kegiatan pelibatan santri tersebut dilakukan melalui program "Jelajah Alam Santri Mengawasi" yang dilaksanakan di kawasan wisata Bukit Sikepel, Desa Jati, Kecamatan Bener, Purworejo, Kamis (13/11/2019) pagi. 

Kegiatan tersebut dikerjasamakan dengan Ballgiez Purworejo. Organisasi wadah para gus, putra kyai di Kabupaten Purworejo. Kegiatan tersebut diikuti para santri tidak kurang dari sepuluh pesantren di Kabupaten Purworejo. Bahkan dengan sukarela para santri mendeklarasikan diri untuk bermitra dengan Bawaslu Purworejo menjadi pengawas pemilu partisipatif. 

Poin-poin deklarasi antara lain, para santri siap terlibat dan membantu Bawaslu Kabupaten Purworejo dalam mengawasi dan mengawal Pilkada Kabupaten Purworejo. Jaringan santri Purworejo itu juga siap memerangi berita hoax, ujaran kebencian, termasuk memerangi politik uang. 

"Hukum agama jelas bahwa politik uang hukumnya haram. Kita semua santri siap melawan politik uang," tegas Presiden Ballgiez Habib M Faqih Muqoddam Al Ba'bud yang memimpin deklarasi. 

Lebih lanjut ditegaskan Wan Faqih, sejarah telah mencatat kiprah santri di negeri ini. Bahkan sejak Indonesia belum merdeka, santri punya kontribusi besar dalam melahirkan dan membangun negeri ini. Kini Bawaslu memanggil para santri untuk bisa terlibat dalam mengawal terwujudnya Pilkada Kabupaten Purworejo yang bersih, jujur, adil dan demokratis. 

"Kami tegaskan siap untuk bermitra dengan Bawaslu," katanya. Setelah deklarasi tersebut, sambungnya, jaringan santri yang dikoordinasikan oleh Ballgiez siap melaporkan apabila menemukan adanya pelanggaran. "Pesan pengawasan ini akan kami sampaikan ke santri-santri lainnya di Kabupaten Purworejo," tegasnya. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn memgucapkan terima kasih atas kesediaan para santri untuk menjadi mitra Bawaslu. "Kerelawanan dalam pengawasan pemilu seperti yang dilakukan para santri ini punya arti yang sangat penting bagi Bawaslu," tegasnya. 

Keterlibatan para santri dalam kegiatan pengawasan tersebut akan semakin memperkuat langgam pengawasan. Hal itu menjadi modal yang sangat besar bagi Bawaslu untuk mengawal agar pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Purworejo pada tahun 2020 nanti bisa terselenggara secara demokratis, berintegritas dan bermartabat. 

Bawaslu, sambungnya, akan terus mengembangkan gerakan pengawasan partisipatif dengan menggandeng elemen civil society. Langkah itu dimaksudkan sebagai upaya pencegahan. "Deklarasi pengawasan partisipatif ini akan semakin menguatkan moralitas Bawaslu dalam menjalankan tugas pengawasan. Sekaligus sebagai upaya memberikan pendidikan politik," tandasnya. (*/gm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com