Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Minggu, 12 Mei 2019

PDIP Purworejo : Pendidikan Karakter Bangsa Bersifat Mutlak dan Hadirkan Kultur Bangsa Berprestasi

catatan : Luhur Pambudi Mulyono

Keunggulan bangsa dimulai dari terbentuknya kultur belajar dan menghargai proses untuk prestasi. Masih di bulan Mei, dimana tepat 2 Mei lalu diperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo memberikan apresiasi kepada para pendidik di Kabupaten Purworejo.

PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo, mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional untuk para pelaku pendidikan di Purworejo dan masyarakat Purworejo. Kita mengingat bahwa "Ki Hadjar Dewantara meletakkan pendidikan nilai, bertumpu pada watak dan karakter yang sesuai kepribadian bangsa, yakni Pancasila. Sebab segala kemajuan ilmu pengetahuan pada dasarnya untuk mengabdi pada bangsa, mengisi kemerdekaan agar berkemajuan dalam seluruh aspek kehidupan, dan berdedikasi bagi pengembangan kemanusiaan. Pendidikan karakter ini bersifat mutlak dan menjadi landasan kultur bangsa berprestasi.


Kritik dalam dunia pendidikan di Purworejo terletak pada kurangnya disiplin, melunturnya budaya prestasi, kecenderungan menempuh jalan pintas seperti memalsukan SKTM untuk memasukkan anaknya ke sekolah negeri, serta kurangnya militansi untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Ilmu pasti semakin kurang digemari. Budaya penelitian kurang diminati. Dalam jangka panjang, ini membahayakan kemajuan negeri".

Atas dasar hal tersebut, maka pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Purworejo bahkan scara nasional harus terus dievaluasi. "Sekolah itu menjadi persemaian akal sehat dan budi pekerti, bukan sikap intoleransi.  Sekolah harus membuka ruang seluas-luasnya bagi kultur berprestasi. Sekolah harus membuka kesadaran untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi".

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang meriah di Kabupaten Purworejo harus menjadi momentum otokritik terhadap pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Purworejo agar semakin mengedepankan nalar dan akal sehat, disiplin, budaya kejar prestasi dan semangat cinta pada tanah air. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Komp. Taman Sari Bukit Mutiara, Blok RK 40-41, Kel. Gunung Samarinda Baru, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com