Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 09 April 2019

"Penderita Autisme Berhak Menjadi Dirinya Sendiri"

Berhak Menggapai Cita-citanya dan Mewarnai Dunia

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-HIMAPSI Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo mengadakan konsultasi psikologi gratis untuk memperingati hari autisme sedunia (Autisme Awarness Day). 

Suatu hal positif yang ditunjukkan mahasiswa Psikologi UM Purworejo, dan bisa dicontoh oleh mahasiswa Psikolgi atau pihak-pihak lainnya, untuk sama-sama memperingati hari autisme sedunia. 

Acara tahunan yang dilakukan mahasiswa Psikologi UM Purworejo ini dilakukan pada Minggu 7 April 2019 lalu, bertempat di Alun-alun sebelah barat atau seberang Satlantas Polres Purworejo. Selain membuka konsultasi psikologi gratis, mahasiswa juga menampilkan live music sebagai hiburannya. Tidak hanya itu, mahasiswa juga membagikan origami berbentuk bunga dan stiker kepada pejalan kaki sebagai simbol kepedulian terhadap anak-anak autis. 

Saat kegiatan, HIMAPSI UM Purworejo juga bersama Kaprodi Psikologi UM Purworejo, Itsna Iftayani M.A. 

Menurut ketua panitia Desto Hanggoro Lukman, acara mengangkat tema “achieve your dream and colour your world”. “Tema tersebut berisi harapan agar penderita autisme bisa mendapatkan hak-hak mereka seperti orang lain, termasuk di dalamnya hak untuk mengakses teknologi, hak mendapatkan fasilitas yang sama, dan yang paling utama adalah hak untuk menjadi diri mereka sendiri dalam menggapai cita-citanya dan mewarnai dunia," ungkapnya. 

Adapun pohon impian bagi pengunjung untuk menuliskan harapan-harapan yang dapat memotivasi para penderita autisme, pohon tersebut nantinya diberikan kepada SLB yang telah ditentukan beserta penggalangan dana yang dilakukan oleh mahasiswa saat menampilkan live music. 

Sementara Itsna Iftayani menjelaskan, para penderita autisme sering melakukan tindakan yang berulang-ulang, tantrum dan kadang berteriak.  Dengan banyaknya antusisasme pengunjung yang ikut berpartisipasi, dapat disimpulkan bahwa acara tersebut cukup sukses dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat bahwa penderita autis bukan manusia yang harus dikucilkan, namun penderita harus dirangkul dan diperlakukan seperti manusia pada umumnya. (dito agung s)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com