Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 21 Maret 2019

"PEMBERANTASAN KORUPSI DI NEGERI TERSANGKA?"



oleh : Ozzy Sulaiman Sudiro (Ketua Umum KWRI/Sekjen Majelis Pers)



KORUPSI telah menjadi budaya bodoh orang Indonesia, dari anak SD sampai S3 hingga lulus, kerja dan menjadi pejabat berkuasa, bahkan pengusaha besar ataupun kecil juga ikut korupsi. 



Budaya korupsi memang telah mendarah daging dan akan sulit dihilangkan, kecuali ada rekontruksi negara yang valid dan dapat diterima masyarakat, ketidakadilan inilah yang mengawali budaya korupsi. Hilangnya budaya rasa malu kian hari kian pudar, karena segala kebutuhan hidup para pejabat belum terbayar? 



Bahkan urat malu pun sudah putus oleh syahwat yang begitu rakus, tak peduli rizki hasil haram, asal diam-diam tidak ketahuan. Hanya budaya malu inilah yang mampu memfilter sifat dan karakter bangsa ini, yang semestinya perlu dilestarikan, sebagai pusaka warisan leluhur yang taat dan patuh pada kultur, tradisi peninggalan nenek moyang kita bangsa yang berbudi luhur, bermartabat penuh tafakur. Mungkin tak menyangka atau menduga bahkan tercengang ketika mata dan telinga kita setiap hari disuguhkan oleh media-media :  atas tertangkapnya "Para bedebah" itu.....!!! Seperti sirkus badut penuh lelucon, berakrobat di pasar malam, sebagai pelepas lelah hiburan ahir pekan. 

Ada mantan pejabat yang harap-harap cemas membuat hidup jadi tidak waras, ketar-ketir seperti takut tersambar petir, menggangu istirahatnya tidur di siang bolong. Walau ketika bangun tinggal menikmati sisa kontrak hidup yang sebentar lagi berakhir, selalu terbelenggu dibayangi oleh dosa perbuatan di masa lalu. 



Ada juga yang baru belajar coba-coba korupsi untuk beraksi, namun nahas nasibnya terciduk OTT KPK lagi, sebuah malapetaka bagi keluarga. Lalu mengeluh dijebak alasan politik, dengan tersenyum penuh munafik. Dan masih banyak lagi tabir yang belum terungkap, atau sebaliknya tertutup oleh "Politik-Cinta"yang penuh kasih sebagai bentuk balas budi...? Atau mungkin sama-sama mengetahui rahasia masing-masing pribadi, sebagai alumnus satu perguruan tinggi di "Fakultas-Korupsi". 



Tanpa disadari semua tinggal menghitung hari. Gugur satu tumbuh seribu, semua tinggal menunggu. Kini hanya soal waktu, satu per satu mulai tertuju karena KPK terus memburu, jangan harap sembunyi di balik lugu, tetap tersenyum walau tanpa rasa malu. Kalau saja negara yang subur makmur ini, adil menyirami jasmani anak negeri, para pejabat tidak berkhianat agar tidak terlaknat, dan semua para penegak hukum berkomitmen pada bangsa dan negara terutama pada hatinya, untuk tidak korupsi, setidaknya budaya korupsi mulai ditinggali, karena buat apa lagi? 



Semua sudah tercukupi, lalu untuk apa lagi ada lembaga pemberantasan korupsi, pertanyaannya? Apakah ini semua hanya mimpi atau sebuah harapan semangat anak negeri denga penuh kesadaran untuk mengabdi pada ibu pertiwi, sebelum napas di ujung mati. (*)

1 komentar:

  1. Semoga hati nurani menjadi bersih dan mempengaruhi akal sehat untuk tidak korupsi karena sejatinya korupsi itu makan daging dsn minum darah saudara kita sendiri. Mengorbankan banyak orang.Walaupun bila ditanya apakah uangnya diambil dari kantongnya? Jawabnya pasti tidak. Semoga tidak menular

    BalasHapus

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com