Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 18 Januari 2019

Banjir Butuh, Dandim Purworejo Kerahkan 1 Peleton

41 Desa di Kecamatan Butuh, 9 Desa yang Tidak Terendam Banjir 


Personel Kodim Purworejo membantu menyelamatkan korban banjir di Desa Wironatan-Butuh (pendim for kabajateng)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID – Personel TNI AD dari jajaran Kodim 0708 Purworejo dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purworejo bergerak membantu mengevakuasi masyarakat yang menjadi korban banjir di Desa Wironatan Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo, Kamis (17/1/2019). 

Beberapa kecamatan di Kabupaten Purworejo terkena banjir, sampai saat ini wilayah Kecamatan Butuh merupakan salah satu daerah yang paling parah terkena banjir. Dari 41 desa yang ada di Kecamatan Butuh, hanya 9 desa yang tidak terendam banjir. Banjir yang terjadi di Desa Wironatan Kecamatan Butuh mengakibatkan 700 warga dari 270 kepala keluarga (KK) terdampak oleh banjir, 39 warga mengungsi dan 2 orang dirawat di Puskesmas Butuh. 


Dandim Muchlis Gasim memimpin langsung evakuasi  korban banjir (pendim for kabarjateng)
Ketinggian air diperkirakan mencapai 1 meter dan akses ekonomi warga mengalami lumpuh total. Personel Kodim 0708 Purworejo bersama instansi lain melaksanakan siaga sejak malam hari dengan terus melukan evakuasi terhadap warga yang masih terjebak di pemukiman untuk dibawa ke lokasi yang aman dari banjir. 

Proses evakuasi sendiri dipimpin langsung Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim. 

“Masyarakat sudah kita evakuasi ke tempat posko yang sudah kita sediakan, namun masih ada beberapa warga yang tidak mau untuk dibawa ke lokasi yang aman. Akhirnya dengan pendekatan yang baik maka kita berhasil membawa warga tersebut,” ucap Dandim. 

Banjir akibat hujan deras yang terjadi selama 2 hari di sebagian besar wilayah Kabupaten Purworejo, kususnya di wilayah Kecamatan Butuh. Dengan debit air yang meningkat sehingga sungai Gebang meluap ke pemukiman warga. 

“Hingga saat ini korban jiwa akibat banjir tidak ada, namun hanya kerugian kerusakan alat rumah tangga akibat luapan air yang dialami oleh ratusan kepala keluarga di wilayah Kecamatan Butuh," imbuh Dandim. 

Dalam penanganan bencana ini Kodim mengerahkan sebanyak satu peleton anggota yang bekerja bersama dengan dinas terkait dengan mendirikan posko pengungsian di simpang tiga Desa Wironatan. 

“Saya mengimbau kepada selururuh warga agar bisa mengungsi ke tempat yang kita sediakan karena akan mempermudah dalam mengatasi permasalahan terutama pengobatan penyakit gatal-gatal yang dialami oleh warga," pungkas Dandim. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com