Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 05 Desember 2018

CSR Migas hingga Akhir 2018 : Mencapai Sekitar Rp 569 Miliar


Perwakilan perusahaan migas menyampaikan program CSR
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) memperkirakan penyerapan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari kontraktor migas hingga akhir 2018 mencapai 70-80 persen dari total anggaran 39 juta dolar AS (sekitar Rp 569 miliar). 

"Penyerapan dana CSR tersebut angkanya hampir sama dengan pencapaian dua tahun terakhir," kata Syaifudin-Kepala SKK Migas Kalsul saat diskusi bertajuk “Berbagi Pengetahuan dan Strategi Tanggung Jawab Sosial di Hotel Jatra, Balikpapan, Selasa (4/12/2018). 


Ia mengatakan, pada 2016 dari alokasi 33,4 juta dolar AS, terserap 25,8 juta dolar AS. Sementara pada tahun lalu terserap 23,9 juta dolar AS dari alokasi 34 juta dolar AS. 


Menurut Syaifudin, kendala penyerapan anggaran lebih ke soal teknis. Misalnya, program-program CSR yang ditunda akibat ketidaksiapan masyarakat penerima program. Saat ini penggunaan sisa anggaran CSR yang tidak terserap masih dibahas antara SKK Migas dengan Komisi Energi DPR RI. 

DPR meminta sisa anggaran yang tidak terserap digunakan di luar daerah operasi. Apalagi aturan yang ada hanya menyebutkan dana CSR diutamakan untuk daerah operasi. 

"Tapi saat ini masih belum diputuskan. Kalaupun tidak dipakai tidak apa-apa, kami kan tidak harus membayar cost recovery-nya," kata Syaifydin. 

Saat ini dasar pelaksanaan CSR di sektor hulu migas adalah ISO 26000. Dirinya mengatakan dalam industri hulu migas, penting untuk memberitakan CSR. Ada dua persoalan jika berita CSR tidak ada, yakni dana tidak dikasih atau eksposure yang kurang. 

"Percuma, CSR-nya tumbuh, masyarakatnya bagus. Tapi tidak diberitakan," kata dia. Syaifudin pun menyayangkan masih adanya daerah yang belum memiliki program khusus dan peraturan tentang masalah penyaluran dana CSR ini sehingga program sering terbentur dengan kondisi di lapangan. (are)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com