Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 05 Oktober 2018

Liga I akan Digulirkan : Harus Ada Jaminan dari Polri

SIARAN PERS IPW : Neta S Pane-Ketua Presidium Indonesia Police Watch
INDONESIA Police Watch (IPW) prihatin melihat melonjaknya angka kematian suporter sepakbola di negeri ini, dimana kenaikannya hampir 100 persen di tahun 2018. Di tahun 2017 hanya ada 9 suporter yang tewas dan di tahun 2018 melonjak menjadi 17 suporter tewas.
Sebab itu jika Liga 1 memang hendak digulirkan lagi akhir minggu ini harus ada jaminan dari Polri bahwa aparaturnya mampu bekerja profesional dalam menjaga dan mengamankan pertandingan sepakbola. Jika tidak ada jaminan dari Polri, sepakbola akan tidak terkendali dan akan menjadi ajang pembantaian anak manusia.
Sebab apa yang terjadi di Bandung pada bulan lalu dimana suporter Persija tewas dikeroyok suporter Persib adalah gambaran kelengahan dan kecerobohan polisi. Aksi pengeroyokan itu terjadi di sekitar stadion dan sebelumnya disebut-sebut ada sekelompok orang yang melakukan swepping.
Lalu kenapa Polrestabes Bandung sebagai penanggungjawab keamanan tidak mengantisipasinya. Kemana polisi saat pengeroyokan terjadi di sekitar stadion. Akibat peristiwa ini Liga 1 dihentikan sementara. Cara kerja kepolisian dalam mengamankan pertandingan sepakbola selama ini perlu dievaluasi. Sebab sejak tiga tahun terakhir angka kematian suporter terus meningkat, baik di dalam stadion maupun di sekitar stadion ataupun di luar stadion.
Tahun 2016 misalnya ada 6 suporter tewas, lima dikeroyok dan satu kecelakaan lalulintas. Tahun 2017 naik, ada 9 tewas, yang 6 di antaranya dikeroyok, dua jatuh di stadion dan 1 kecelakaan lalin. Tahun 2018 melonjak, ada 17 suporter tewas yang 6 di antaranya dikeroyok dan 9 kecelakaan lalin dan 2 lainnya jatuh di stadion.
Melihat data data ini semakin nyata pertandingan sepakbola akan menjadi mesin pembunuh, terutama jika jajaran Polri tidak bekerja profesional dalam menjaga keamanan di setiap pertandingan. Dengan terlibatnya Polri melalui PS Bhayangkara dalam Liga 1 seharusnya event sepakbola bisa lebih aman dan aparatur kepolisian bisa lebih profesional dalam menjaga event-event Liga Indonesia, dan bukannya jumlah korban tewas melonjak hampir 100 persen di tahun 2018 ini.
Untuk itu, jika belum ada jaminan dari Polri sebaiknya event Liga 1 jangan digelar dulu. Bagaimana pun jajaran kepolisian tidak bisa menyalahkan panitia, jika terjadi masalah keamanan, karena tanggung jawab keamanan menjadi wewenang kepolisian. Jika situasinya memang tidak memungkinkan, kepolisian punya wewenang untuk menunda atau memindahkan pertandingan tersebut agar tidak jatuh korban tewas dalam setiap pertandingan sepakbola. (*)

1 komentar:

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com