Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 18 September 2018

Hebohnya Atraksi Bangkit Turonggo Mudho : Semua Kru Tampil Maksimal (1)

Sekian banyaknya paguyuban kuda lumping yang ada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Salah satunya yang kian ngetren dan diminati masyarakat, yakni Bangkit Turonggo Mudho, paguyuban kuda lumping dari Desa Geparang Kecamatan Purwodadi, Purworejo. Banyak tampil di berbagai event, termasuk berbagai permintaan undangan saat hajatan warga. Inilah yang membuat Bangkit Turonggo Mudho makin eksis, para pengurusnya pun komitmen dalam menjaga dan melestarikan warisan luhur bangsa. 


Para pawang beraksi di saat serunya para pemain yang ndadi, Bangkit Turonggo Mudho tampil maksimal (petrus w/kj)
BELUM lama ini Bangkit Turonggo Mudho tampil di Desa Jatimalang, tak jauh dari Pantai Dewa Ruci yang mendapatkan perhatian khusus Bupati Purworejo Agus Bastian untuk dikembangkan menjadi salah satu objek wisata andalan Purworejo ataupun Jawa Tengah bagian selatan. 


Penonton antusias dengan atraksi kuda lumping (petrus w/kj)
Tampil dengan kekuatan penuh, semua kru ikut serta. Bangkit Turonggo Mudho, ada penari putri dan putra. Dengan para pemain gamelannya yang sudah profesional, termasuk sinden atau penyanyi yang sarat dengan pengalaman. "Kami berusaha berikan yang terbaik setiap kali tampil di berbagai event atau undangan dari warga. Memang sebelum tampil, selalu latihan dulu. Meski sudah biasa, tapi dibiasakan selalu latihan sebelum tampil, agar penampilan selalu maksimal," ungkap Harminto-yang juga Ketua RT di Desa Geparang. 

Media ini yang mendapat undangan khusus hadir di pagelaran di Jatimalang, melihat langsung hebohnya Bangkit Turonggo Mudho menghibur masyarakat sekitar. Penonton dari berbagai kalangan dan usia. Kuda lumping memang menjadi tontonan meriah dan merakyat masyarakat Jawa. 

Berbagai tarian ditampilkan, salah satu yang ditunggu penonton seperti aksi barongan. Termasuk pula saat momen 'ndadi', dimana para pemain yang 'ndadi' menampilkan berbagai atraksi seru dan menarik. Tak kalah sigap para pawang yang memang selalu siap, saat momen seru ini. Tak hanya penari putra yang ndadi, pun dengan penari putri. Istri Harminto yang akrab disapa Ibu Yul, juga terjun langsung menangani para pemain putri. 

Heboh dan kerennya atraksi demi atraksi, membuat paguyuban ini banyak diundang berbagai elemen masyarakat untuk tampil menghibur. "Sudah menjadi panggilan bagi kami, warisan luhur bangsa, kesenian tradisional kuda lumping harus dilestarikan. Bangkit Turonggo Mudho akan selalu bangkit menjaga dan melestarikan kesenian tradisional Jawa," tegas Harminto. (kj/bersambung) 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com