Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 07 November 2017

Wangunrejo Kecamatan Banyuurip Dijadikan Sentra Produksi Lele

Pemberdayaan dan Peningkatan Perekonomian Warga 


Budidaya lele di Wangunrejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan perekonomian khususnya di Desa Wangunrejo Kecamatan Banyuurip, Purworejo, ada terobosan dilakukan Kepala Desa Wangunrejo Bin Darmanto. 

Bin Darmanto "Sang Pendekar" Wangunrejo, sejak dulu memiliki impian Desa Wangunrejo menjadi sentra produksi lele. Untuk mewujudkan misi positif tersebut, saat ini di beberapa titik di Wangunrejo dilakukan budidaya lele. 

Salah satunya, Yudi-putra Bin Darmanto-yang rela meninggalkan pekerjaan di Jakarta dan pulang kampung karena berniat turut membangun desa. Yudi saat ini membudidayakan lele mutiara, sistem budidaya dengan kolam silinder, yang menghemat tempat dan praktis dalam pemeliharaan. 


"Memang niat kami Desa Wangunrejo menjadi sentra penghasil atau produksi lele. Saat ini ada bebera warga yang melakukan budidaya lele, ke depan terus bertambah dan dibentuk kelompok-kelompok tani. Desa akan memperhatikan kelompok tani tersebut, demi peningkatan perekonomian warga," sebut Bin Darmanto yang jugaWakil Ketua Polosoro Kabupaten Purworejo.

"Optimis dengan menjadi sentra lele, Wangunrejo akan lebih maju secara perekonomian warganya. Dan Bumdes yang nantinya memasarkan produksi warga. Ada yang jual bibitnya atau yang lele untuk konsumsi. Termasuk budidaya jamur juga akan dikembangkan," imbuh Bin Darmanto. 

Bin Darmanto mengenalkan teknik budidaya lele dengan kolam silinder, belajar dari internet. Kendati dengan sistem kolam silinder, tetap ada sirkulasi udara dan teknik untuk pengurasan air secara berkala. 

"Air tetap dikuras, satu kolam silinder dengan diameter 2 meter dan tinggi 1 meter ini, saya tabur 3.000 bibit lele. Jangka 70 hari sudah panen. Tabur bisa mencapai 5.000 bibit. Tekniknya simpel, kerangka  besi yang dibuat kolam silinder, kemudian dilapis terpal. Jadi menghemat tempat,  rencana saya menambah dua kolam silinder lagi," aku Yudi yang dibantu rekan-rekannya dalam budidaya lele. (kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com