Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 18 September 2015

Saat Hidup Sulit, Tak Perlu Menyalahkan Siapapun



ADA masa, ketika hidup saya demikian sulit.  Dan saat itu terjadi, saya benar-benar memprotes Tuhan yang saya anggap tidak adil.  Betapa tidak, saya merasa saya ini pribadi yang selalu tulus pada sesama, sayang pada keluarga, pekerja keras dan cukup jujur.  Mengapa saya mesti mengalami kejatuhan dalam karier, dan mesti merasakan kesulitan finansial yang parah.



Lalu, saya menemukan penyadaran.  Bahwa gugatan saya keliru alamat.  Apa yang terjadi pada saya, sesungguhnya bukanlah indikasi ketidakadilan Sang Pemberi Hidup.



Seseorang guru kehidupan membuat saya mencermati kehidupan petani, dan belajar darinya.  Seorang petani yang dalam kehidupan sehari-harinya terus berlaku jujur dan penuh kasih kepada keluarganya, belum tentu panennya akan berhasil.  Karena, begitu ia menabur benih padi, keberhasilan panen ditentukan banyak faktor yang tidak ada kaitannya dengan kejujuran dan kasih pada keluarga. 




Faktor-faktor itu adalah apakah ia memberi pupuk yang tepat, ketersediaan air yang sesuai dengan kebutuhan pada setiap fase perkembangan, apakah ia juga bisa mengatasi serangan berbagai jenis hama.  Sejujur apapun sang petani itu, seberapapun kasihnya pada keluarganya, jika ia tidak cermat dalam mengelola soal pemupukan, pengairan dan penanganan hama, panennya tak akan pernah berhasil. 



Dalam hidup ini ada hukum yang berlaku pasti.  Kita menuai apa yang kita tabur.  Kita memetik apa yang kita tanam.  Nah, antara menuai dan menabur, antara menanam dan memetik, ada proses yang harus dilalui dan di sana berlaku kausalitas atau hukum sebab akibat. Demikian juga dengan diri seseorang, dalam pekerjaan, ada faktor atau variabel yang menentukan sukses tidaknya itu.



Niat baik saja tak cukup untuk membuatmu berhasil dalam pekerjaan.  Setiap orang perlu sadar kenyataan, bahwa dimana pun dia bekerja, akan ada gangguan, kesulitan, termasuk dari orang yang bisa saja iri atau punya kepentingan berbeda dengannya.  Nah, supaya kamu tetap selamat, kamu harus benar-benar waspada. Setiap orang harus punya antisipasi terhadap siapa pun dan apapun yang berpotensi menjatuhkannya.   

Ibarat berperang, setiap orang harus siap dengan benteng, tameng, senjata.  Itu sepadan dengan sikap petani yang siap menghadapi hama tikus atau wereng



Jadi, ketika menghadapi kejatuhan dalam karier, setiap orang perlu pola nalar yang bisa jadi landasan untuk perbaikan nasib. Jika seseorang terbiasa menyalahkan pihak lain dan tidak mau bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada dirinya, ke depan dia tidak akan pernah mengerti tentang tindakan apa yang memastikan terbebas dari kesulitan seperti yang dihadapi saat ini. (setyo hajar dewantoro)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com