Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 13 Oktober 2023

SMPN 17 Purworejo Latih Kemandirian Anak dengan Gelar Karya P5

Dua Tema, Bangunlah Jiwa Raganya - Ragam Budaya Indonesia serta Bhinneka Tunggal Ika

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sebagai pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka, SMP Negeri 17 Purworejo, yang beralamat di Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, kembali melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengangkat dua tema sekaligus, yakni Muhadhoroh Akbar untuk kelas 7 dengan tema Bangunlah Jiwa Raganya dan Ragam Budaya Indonesia untuk kelas 8 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika. Gelar karya P5 dengan mengambil tema besar yakni "Dengan Muhadhoroh Akbar Dapat Memperkuat Budi Pekerti Generasi Bangsa Indonesia, Dengan Memperdalam Ragam Budaya Indonesia Dapat Menjaga Pesona Indonesia di Mata Dunia' itu dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu (11/10/2023) dan Kamis (12/10/2023). Kegiatan digelar diGedung Olah Raga sekolah setempat. 

Gelar karya P5 dibuka secara resmi oleh Kepala SMP Negeri 17 Purworejo, Mudjiburahman, dengan ditandai pemukulan gong. Turut hadir dan menyaksikan gelar karya P5 itu, Ketua Komite SMP Negeri 17 Purworejo, Jamali, sejumlah guru dan karyawan SMP Negeri 17 Purworejo, orang tua/ wali siswa kelas 7 dan 8 serta ratusan siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri 17 Purworejo. Berbagai ragam kegiatan acara, seperti acara Mauludan, 17 Agustusan dan acara kemasyarakatan lainnya, dipraktekkan oleh para siswa kelas 7 dalam kegiatan Muhadhoroh Akbar. 

Secara apik dan runtut mereka mempraktekkan diri baik sebagai pembawa acara dan pengisi acara seperti sambutan-sambutan dan pengisi hiburan. Sementara itu berbagai atraksi mulai dari lagu daerah, tari daerah, cerita daerah dan busana daerah ditampilkan secara menarik serta apik oleh para siswa kelas 8 dalam kegiatan Ragam Budaya Indonesia. Penampilan itu laksanakan oleh siswa kelas 7 dan 8 secara meriah, berurutan dan bergantian. Mereka secara kolaboratif menampilkan berbagai atraksi, seperti menyanyikan lagu daerah Jawa, Sumatera, Irian dan lainya, lalu tarian daerah seperti tari Kencono Wingko, Jaran Kepang, tari Baladewa, tari Oglek dan lainnya. 

Sejumlah cerita daerah seperti Malinkundang, Roro Jonggrang, Rawa Pening dan lainya juga ditampilkan dengan dikemas dalam cerita drama pendek (teater). Kemudian berbagai jenis pakaian adat berbagai daerah, baik Jawa, Bali, Sumatera dan lainnya juga ditampilkan dengan dikemas berupa fashion show busana daerah. 

"Kami SMP Negeri 17 Purworejo yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka ditahun kedua ini, kita mencoba betul-betul konsentrasi dalam kegiatan pembelajarannya sesuai dengan target di Kurikulum Merdeka ada intrakurikuler ada ekstrakurikuler. Hari ini proses dua pekan untuk P5 itu adalah bagian dari kokurikuler, dimana kita mengambil tema yang kedua, yang pertama kemarin kelas 7 sudah kami laksanakan Suara Demokrasi, kemudian untuk kali ini adalah Bangunlah Jiwa Raganya. Sementara yang kelas 8 kemarin tema 1 itu adalah Kearifan Lokal, untuk yang kedua ini Bhinneka Tunggal Ika," kata Kepala SMP Negeri 17 Purworejo, Mudjiburahman, saat ditemui usai membuka kegiatan Gelar Karya P5, pada Rabu (11/10/2023). 

Untuk tema Bangunlah Jiwa Raga dan Bhinneka Tunggal Ika, lanjutnya, diadakan gelar karya dengan proses P5 projeknya selama dua pekan. Kegiatan itu sengaja ditunjukkan kepada sesama siswa lain, dan juga kepada orang tua/ wali yang dihadirkan oleh pihak sekolah. 

"Sehingga hari ini SMP Negeri 17 Purworejo menghadirkan orang tua/wali untuk mengambil nilai Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS), yang itu adalah kegiatan intrakurikulernya, dan sambil melihat gelar karya proses dari projek P5-nya. Ini sebagai bentuk sosialisasi kami tentang Kurikulum Merdeka, tidak hanya kepada siswa tetapi juga kepada masyarakat dan orang tua/wali," ujarnya. Penentuan tema Muhadhoroh Akbar dan Ragam Budaya Indonesia, dilakukan oleh pihak sekolah setelah para guru dan fasilitator berembug yang akhirnya berkesimpulan bahwa untuk menanamkan karakter P5 adalah tentang Bangunlah Jiwa Raganya dan Bhinneka Tunggal Ika. 

"Cenderungnya untuk menfasilitasi anak, karena kemampuan-kemampuan mereka dalam mengelola kegiatan-kegiatan dimasyarakat. Sehingga endingnya hari ini adalah Muhadhoroh Akbar, itu masing- masing kelas dalam projek P5-nya mereka sudah merencanakan, mengelola sebuah acara, ada acara maulidiyah, ada acara 17-an, ada acara kegiatan di masyarakat, baik panitia, pembicara, maupun sambutan-sambutannya. Itu untuk melatih mereka siap terjun di masyarakat. Sementara untuk yang Bhinneka Tunggal Ika sangat menarik di SMP Negeri 17 Purworejo ini karena memang keberagaman masyarakat Bagelen yang cukup variatif, kita tampung fasilitator mengusulkan untuk siswa semuanya bisa berkreasi melalui budaya-budaya sesuai dengan kecenderungan mereka semuanya," jelasnya. 

Mudjiburahman menilai proses kegiatan P5 itu, walau kesannya banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 17 Purworejo, tapi justru kegiatan itu dianggap sangat Kurikulum Merdeka sekali. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com