Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 21 Maret 2019

Operasi Wasir di MMC Surabaya (1)

Gunakan Teknologi Tanpa Pisau dan Sayatan 

SURABAYA—Ilmu kedokteran semakin canggih dan teknologi kesehatan semakin maju, sehingga bisa membantu meringankan penderitaan dan penyembuhan bagi orang yang mengalami sakit. 



Termasuk kepada pasien penderita penyakit wasir, ambeien atau hemoroid. Wasir diakibatkan terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah di dinding rektum atau di dalam anus. 



Gejala wasir, biasanya ditandai munculnya gatal-gatal di sekitar anus, pembengkakan, rasa nyeri dan kemerahan di sekitar anus, dan terdapat lendir setelah buang air besar. Pada penderita wasir yang cukup parah biasannya benjolan itu sampai keluar anus dan benjolan itu harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar. Bahkan kadang sampai ada yang mengalami pendarahan setelah buang air besar. 

dr Sahar Bawazeer
“Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, selain kesakitan, penderita bisa mengalami anemia atau kurang darah,” kata dr Sahar Bawazeer, Sp.B (K) dokter spesialis bedah di Rumah Sakit Manyar Medical Centre (MMC) Surabaya memberi penjelasan di ruang kerjanya. 


Tapi bagi penderita wasir tidak perlu khawatir, karena sekarang di RS Manyar Medical Centre (MMC) Surabaya telah menyiapkan pelayanan one day service, yaitu operasi wasir menggunakan teknologi atau metode operasi HalRar singkatan dari Haemorrhoidal Artery Ligation Recto Anal Repair. Metode operasi ini efektif dan sangat minim risiko, karena dengan teknik ini tidak ada pemotongan atau sayatan, kecuali hanya ikatan dan jahitan saja, tidak seperti pada teknik operasi wasir lainnya. 



“Dengan metode ini, pasien akan mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, karena tidak ada sayatan maka paska operasi pasien lebih nyaman dan tidak mengalami sakit berlebihan,” kata dr. Sahar. 



Kedua, pembiusan lebih sering dilakukan secara regional tidak perlu dan operasi itu sendiri hanya membutuhkan waktu paling lama dua jam. ”Bahkan biaya operasi wasir dengan metode ini jauh lebih ringan dibanding dengan cara lain yang sudah ada sebelumnya,” kata dokter itu memberi penegasan bahwa biaya operasi ini jauh lebih ringan dibanding dengan metode yang lain. 



Dokter Sahar Bawazeer menambahkan setelah menjalani operasi wasir menggunakan metode HalRar, pasien tidak perlu waktu lama berada di rumah sakit, bahkan jika mau pasien boleh langsung pulang setelah operasi dan cukup datang pada saat kontrol saja. Sesuai dengan namanya, HalRar merupakan operasi wasir ini menggunakan mesin AMI dan RAR Flexi Probes yang digunakan sekali pakai untuk tindakan operasi. Probes ini berguna untuk membantu dokter dalam melakukan prosedur pengikatan pembuluh yang men-supply darah pada wasir. (ps/bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKINI

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com