Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 04 April 2024

Ops Ketupat Candi 2024, Kapolres Purworejo : Libatkan 386 Personel

 Kapolres Tekankan Anggotanya untuk Mengedepankan Langkah Humanis

Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo (ketiga dari kanan) pada apel gelar pasukan
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Operasi Ketupat merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk mengamankan jalur mudik pada masa Lebaran. Sejalan dengan hal tersebut wilayah hukum Polda Jawa Tengah dalam melaksanakan program tersebut menggunakan sandi Operasi Ketupat Candi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Polres Purworejo dalam menjalankan serangkaian kegiatan Operasi Ketupat Candi 2024, mengawalinya dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Candi tahun 2024 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Kamis (4/4/2024). 

Apel gelar pasukan tahun ini bertemakan “Mudik Aman, Ceria, Penuh Makna”, dipimpin oleh Tiga Pilar yaitu Bupati Purworejo yang diwakili Penjabat Sekretaris Daerah Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA, Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo SIK MKP dan Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, yang dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Purworejo. 

Sebanyak 386 personel dilibatkan dalam Ops Ketupat 2024 di Kabupaten Purworejo
Kapolres Purworejo menjelaskan, apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1445 H baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait. “Operasi Ketupat Candi tahun 2024 akan berlangsung selama 13 hari yaitu mulai sejak 4 hingga 16 April 2024,” jelas Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo.

Dalam operasi ini, seluruh Indonesia telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas dan bencana alam,serta di pusat-pusat keramaian. 

“Khususnya untuk Kabupaten Purworejo kami melibatkan 386 personel dan telah mendirikan 2 pos pengamanan, 2 pos pelayanan, 1 pos terpadu, 1 pos sinergitas TNI-Polri, 1 pos perbatasan dan 6 titik strong point yang telah kami siapkan untuk membantu masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran,” tambah Kapolres di hadapan awak media. 

Eko Sunaryo mengharapkan, Operasi Ketupat Candi 2024 ini bisa berjalan dengan baik sehingga dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah serta mewujudkan mudik yang aman dan berkesan, begitu pula pada saat arus balik. 

“Kami telah menekankan pada anggota kami dalam melaksanakan tugas harus mengedepankan langkah-langkah humanis dan pedomani SOP agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan presisi sebagaimana harapan masyarakat,” tegas Kapolres. 

Sinergi antarstakeholder terkait diharapkan menjadi kunci keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Setelah selesai apel gelar pasukan dilanjutkan pelaksanaan pemusnahan minuman keras (miras) dan knalpot brong hasil operasi cipta kondisi kewilayahan jelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Pemusnahan tersebut dilaksanakan di alun-alun Purworejo. Sesuai dengan berita acara pemusnahan, tercatat sebanyak 3.725 botol minuman keras dari berbagai macam jenis dan 1.250 buah knalpot brong. 

Kapolres Purworejo menjelaskan barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil Ops Cipta Kondisi sebelum pelaksanaan Ops Ketupat Candi. Kapolres Purworejo juga menambahkan, kondisi keamanan di Kabupaten Purworejo maupun di luar harus menjadi acuan bersama untuk tetap siaga dalam hubungan persahabatan, siaga dalam pergaulan, siaga dalam keluarga dan siaga dalam masyarakat dan lingkungan di mana pun berada. 

"Sebab keamanan dan kenyamanan merupakan tanggung jawab kita bersama, agar keamanan dan kenyamanan dapat dinikmati bersama pula," tutup Eko Sunaryo. (*kj) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com