Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 06 Maret 2024

Kategori Kota Kecil, Kabupaten Purworejo Terima Piala Adipura 2023

Diserahkan Wamen LHK kepada Bupati Yuli Hastuti di Manggala Wanabakti

Bupati menerima piala Adipura
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kabupaten Purworejo berhasil meraih penghargaan Adipura Tahun 2023 Kategori Kota Kecil. Penghargaan yang diperuntukkan kabupaten/kota yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan ini, pernah diraih Kabupaten Purworejo pada tahun 1994, 1995, 1996,1997 dan terakhir Adipura diraih pada periode tahun 2018. 

Piala Adipura diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong didampingi Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 Rosa Vivien Ratnawati kepada Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Selasa, (5/3/2024) di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK RI, Jakarta. 

Sebelumnya hadir Wakil Presiden RI Prof Dr (HC) KH Ma'ruf Amin dan Menteri LHK Siti Nurbaya untuk menyerahkan penghargaan Adipura Kencana kepada lima kabupaten/kota. Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan, pada penghargaan Adipura Tahun 2023 pihaknya telah melakukan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia atau 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota. Berdasarkan hasil pemantauan dan proses penilaian, lima kabupaen/kota ditetapkan meraih Adipura Kencana, 106 kab/kota meraih Adipura dan 51 kabupaten/kota meraih Serifikat Adipura. 

"Hasil Adipura Tahun 2023 mengalami kemajuan yang cukup siginifikan dibanding periode sebelumnya. Yaitu terjadi kenaikan jumlah penerima anugerah, dari 80 kab/kota tahun lalu menjadi 106 kabupaten/kota. Selain itu, 63 daerah juga mengalami peningkatan pengelolaan sampah dari tahun sebelumnya," ungkap Siti Nurbaya. 

Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengungkapkan rasa bangga dan senangnya Purworejo kembali menerima penghargaan Piala Adipura. Menurutnya keberhasilan ini tidak lepas dari peran dan partisipasi seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo yang telah menjaga kebersihan lingkungan serta program penghijauan yang telah dilakukan. Bupati juga memberikan apresiasinya kepada Dinas LHP yang dengan berbagai programnya mampu mewujudkan penghargaan ini. 

“Tidak lupa ucapan terima kasih diberikan kepada seluruh tenaga kebersihan atau Pasukan Ungu yang telah bekerja dengan keras menjaga lingkungan tetap bersih. Harapannya ke depan penghargaan ini dapat dipertahankan sehingga bisa mendapatkan penghargaan Adipura Kencana,” ucap Bupati. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan (DLHP) Purworejo Wiyoto Harjono menerangkan, penilaian telah dilakukan oleh tim penilai Adipura pada bulan November tahun 2023. Terdapat empat klasifikasi wajib yang harus dimiliki sehingga kabupaten/kota layak untuk dinilai, yakni Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstrada), kapasitas pengelolaan sampah, operasional TPA dan luasan ruang terbuka hijau. 

Selain itu, ada 14 titik pantau terhadap empat klasifikasi di atas, yakni, permukiman menengah dan sederhana, jalan arteri dan kolektor, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah adiwiyata, Rumah Sakit/Puskesmas, hutan kota, taman kota, saluran terbuka, fasilitas pengelolaan sampah yang dikelola pemda, fasilitas pengelolaan sampah yang dikelola masyarakat, TPA serta Desa Proklim. 

"Adipura ini merupakan kontribusi dari semua pihak, tidak hanya pemerintah, tetapi juga swasta dan masyarakat dalam pengelolaan sampah. Kedepan kita bersama berbagai pihak akan melalukan berbagai inovasi terkait pengelolaan sampah dan penataan lingkungan hijau. Harapannya tahun depan kita kembali meraih kembali penghargaan Adipura," terang Wiyoto. (*/kj)

sumber  : prokopim 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com