Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 24 Januari 2024

Dinpusip Purworejo Gelar Rakor Terkait Tertib Arsip bagi Perangkat Daerah

Perlunya Penyelamatan Arsip Bernilai Historis

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Purworejo menggelar rapat koordinasi (rakor) kearsipan bagi kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo tahun 2024, Selasa (23/1/2024). Bertempat di Grand Dafam Signature Yogyakarta International Airport, Rakor dibuka Bupati Purworejo yang diwakili Asisten Administrasi dan Umum drg Nancy Megawati Hadisusilo MM. 

Dalam sambutannya, Bupati Purworejo mengatakan, kearsipan merupakan salah satu urusan wajib yang memperoleh perhatian dari pemerintah pusat, dan wajib dilaksanakan di tingkat daerah termasuk Pemkab Purworejo. Untuk itu, Pemkab Purworejo melalui Dinpusip Kabupaten Purworejo selaku Lembaga Kearsipan Daerah telah melaksanakan pembinaan kearsipan dan pengelolaan arsip statis sebagai memori kolektif kabupaten. 

“Terwujudnya memori kolektif Kabupaten Purworejo khususnya di bidang pemerintahan membutuhkan komitmen dan sinergitas antara kepala daerah, lembaga kearsipan daerah, dan perangkat daerah sebagai pencipta arsip,” katanya. 

Ia mengingatkan bahwa Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang melahirkan pahlawan nasional, tokoh-tokoh nasional baik di bidang pemerintahan, kemiliteran dan seni budaya. Namun dokumennya belum diserahkan ke Depot Arsip Pemkab Purworejo. “Bila kondisi ini dibiarkan, maka kita akan kehilangan sejarah dan jati diri kita di masa depan. Harapannya melalui rakor ini kepala perangkat daerah dapat memberikan dukungan dalam perencanaan terhadap pengelolaan kearsipan, khususnya untuk penyerahan arsip statisnya pada Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Purworejo,” imbuhnya. 

Kepala Dinpusip Dra Eni Sudiyati MM menjelaskan, rakor bertujuan untuk menyosialisasikan pentingnya peran perangkat daerah dalam mengelola arsip di lingkungannya secara tertib di hulu. Sehingga penyelamatan arsip bernilai historis di Lembaga Kearsipan Daerah di hilir, sebagai memori kolektif Kabupaten Purworejo dapat terwujud. 

“Rakor kearsipan pada hari ini diikuti oleh 43 kepala perangkat daerah dan Direktur RSUD. Pemateri atau fasilitator dalam rapat koordinasi ini adalah Dra Monika Nur Lastiyani MM selaku pegiat kearsipan Indonesia,serta Arsiparis Ahli Madya dari Dinpusip Kabupaten Purworejo,” terang Eni. (*/kj)

Sumber: Prokopim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com