Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 19 Desember 2023

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Ketahanan Air Minum

 Oleh : Eko Purnomo - Mahasiswa Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang

Eko Purnomo

MAGElANG, KABARJATENG.CO.ID - Perubahan iklim adalah tantangan global yang semakin mendesak, dengan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah ketahanan air minum. Air merupakan sumber kehidupan yang krusial, dan perubahan iklim telah membawa perubahan dramatis pada pola hujan, suhu, dan fenomena cuaca lainnya. Dalam konteks ini, penting untuk mengeksplorasi dampak konkret  perubahan iklim terhadap ketersediaan dan kualitas air minum, serta upaya yang perlu diambil untuk menjaga keberlanjutan sumber daya air ini.

Perubahan iklim secara langsung mempengaruhi pola hujan global, menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah dan banjir di tempat lain. Kekeringan yang panjang dapat menyebabkan penurunan tajam dalam pasokan air bersih, sementara banjir dapat mencemari sumber air dan mengganggu infrastruktur perusahaan air.

Selain perubahan pola hujan, perubahan iklim juga dapat menyebabkan pencairan es di kutub dan gunung, mempercepat kenaikan permukaan air laut. Hal ini mengancam sumber air tawar yang vital, terutama di daerah pesisir, mempersulit pemenuhan kebutuhan air minum bagi masyarakat di sana.

Dampak perubahan iklim tidak hanya tebatas pada kuantitas air, tetapi juga kualitasnya. Peningkatan suhu global dan perubahan pola hujan dapat memicu peningkatan resiko pencemaran air, mengancam keamanan air minum bagi banyak komunitas.

Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan langkah-langkah mitigasi yang melibatkan konservasi air secara berkelanjutan dan peningkatan efisiensi penggunaan air. Upaya ini menjadi esensial untuk menjaga kelangsungan pasokan air minum di tengah perubahan iklim yang terus melangsung.

Pengelolaan sumber daya air yang bijaksana juga menjadi kunci dalam menghadapi dampak perubahan iklim. Ini mencakup kebijakan yang mendukung pelestarian ekosistem air dan pembangunan infrastruktur yang tahan terhadap perubahan iklim.

Investasi dalam teknologi ramah lingkungan juga perlu diperkuat sebagai bagian dari solusi jangka panjang. Pengembangan teknologi yang dapat membantu mendeteksi, mengelola, dan membersihkan air dengan lebih efektif dapat berkontribusi pada ketahanan air minum.

Namun, tidak hanya tindakan lokal yang diperlukan. kerjasama internasional menjadi esensial untuk menghadapi dampak perubahan iklim secara bersama-sama. Negara-negara perlu bersatu untuk berbagi pengetahuan, sumber daya, dan teknologi dalam rangka menjaga ketahanan air global.

Peran pemerintah dan lembaga non-pemerintah sangat penting dalam mendukung upaya tersebut. Kebijakan yang mendukung pengelolaan air yang berkelanjutan dan pencegahan pencemaran perlu diterapkan secara efektif.

Masyarakat juga memiliki peran krusial dalam menjaga ketahanan air minum. Kesadaran akan pentingnya penggunaan air yang bijaksana, partisipasi dalam program konservasi, dan mendukung inisiatif lokal dapat membantu menciptakan perubahan positif.

Sebagai kesimpulan, menjaga ketahanan air minum dalam menghadapi perubahan iklim adalah tugas bersama. Diperlukan upaya kolaborasi dari semua pihak, baik tingkat lokal maupun global, untuk mengamankan masa depan pasokan air yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Pentingnya tindakan segera dalam menghadapi dampak perubahan iklim terhadap ketahanan air minum tidak dapat dipandang enteng. Melalui kerjasama global, kesadaran masyarakat, dan tindakan nyata, kita dapat memastikan bahwa air, sebagai sumber kehidupan, yang berkelanjutan. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com