Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Jumat, 24 November 2023

Satreskrim Polres Purworejo Berhasil Ungkap Kasus Pencurian dengan Pemerasan

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Satreskrim Polres Purworejo bersama tim Jatantras Polres Magelang dan Polres Temanggung berhasil mengungkap perkara pencurian dengan pemerasan terhadap korban AK (49). AK merupakan warga Tamansari Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Kejadian pencurian dengan kekerasan tersebut terjadi di warung makan Girli Kelurahan Semawung Daleman Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo, Rabu (27/9/2023). Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Purworejo kejadian pencurian dengan kekerasan tersebut akhirnya terungkap dan melakukan penangkapan terhadap dua pelaku tersebut pada Jumat (10/11/2023). 

Pelaku ditangkap di rumah korntrakan salah satu pelaku. Perkara pencurian dengan kekerasan tersebut dilakukan oleh empat orang, sementara Satreskrim Polres Purworejo melakukan penangkapan terhadap dua pelaku di antarannya NP (41) warga Lubuk Linggau Sumatera Selatan, MS (44) warga Kutoarjo. Sementara dua lainnya yaitu YSP (32) warga Rejang Lebong Bengkulu masih dalam Daftar Pencarian Orang dan untuk pelaku RHT saat ini sedang dilakukan penyidikan oleh Polresta Magelang. 

Keempat pelaku tersebut memiliki peran masing-masing di antaranya NP selaku eksekutor mengambil uang dari korban, dan MS berperan sebagai penyedia sarana aksi kejahatan. "Sementara YSP berperan mengendarai sarana sepeda motor sedangkan RHT berperan menggambar calon korban yang berada di Bank Jateng Kutoarjo," kata Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo,SIK MKP.  

"Keempat pelaku tersebut merupakan residivis dan saat melakukan aksinya tersebut bersama-sama atau berkelompok dengan cara mengamati nasabah bank yang mengambil uang dengan jumlah banyak tanpa pengawalan polisi," tambah Kapolres Purworejo. 

Kejadian pencurian ini bermula ketika korban mengambil uang di Bank Jateng sebanyak Rp 96.500.000, kemudian salah satu pelaku yang berpura-pura menjadi nasabah Bank Jateng mengamati calon korban, setelah didapat calon korban salah satu pelaku memberikan informasi kepada tiga pelaku lainnya. Ketika di TKP, korban yang berniat untuk makan, uang yang baru saja diambil dari bank tersebut diambil pelaku dan terjadi tarik menarik hingga kantong plastik yang menjadi wadah uang sobek dan uangnya berhamburan. 

Keempat pelaku berhasil mengambil uang yang berhamburan sebanyak Rp 26.500.000 dan uang tersbut dibagikan masing-masing NP mendapat Rp 9 juta, MS mendapat Rp 700 ribu, YSP mendapatkan 14.800.000  dan RHT mendapat Rp 2 juta. Dalam perkara ini dilakukan penyitaan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor Honda Beat warna putih Nopol AA 5453 RL, 1 buah kaos lengan panjang warna hitam, 1 buah HP merk Oppo dan 1 unit sepeda motor Suzuki Satria FU warna hitam merah nopol B 6767 JFH. 

Dari hasil penyidikan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Purworejo, pelaku melakukan aksinya tersebut secara berkelompok dengan daerah sasaran antar provinsi. Kapolres Purworejo mengimbau kepada masyarakat, jika mengambil uang tunai dalam jumlah besar dari lembaga keuangan untuk meminta bantuan pengawalan dan akan dilayani dengan gratis. Kapolres Purworejo juga berpesan jika ada orang asing yang tidak dikenal asal usulnya dan tinggal di sekitar lingkungan agar menginformasikan ke Polres atau Polsek agar dapat terantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (*/kj)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com