Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 25 Oktober 2023

Nelayan di Purworejo Dapat Layanan Servis Gratis dari Komisi IV DPR RI dan KKP

Untuk Optimalisasi Pengoperasian Kapal Nelayan

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP, Vita Ervina SE MBA, bekerja sama Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, menggelar kegiatan Optimalisasi Pengoperasian dan Pelayanan Service Mesin tahun 2023, di TPI Desa Jatikontal, Kecamatan Purwodadi, pada Jumat (20/10/2023). Kegiatan itu dilaksanakan bertujuan berbagi informasi kemampuan perbaikan dan perawatan mesin kapal perikanan sehingga aktivitas para nelayan bisa berjalan dengan lancar. 

Puluhan mesin kapal milik nelayan berkesempatan mendapat layanan servis secara gratis dalam kegiatan itu. Tak hanya servis gratis, mereka juga diberikan materi tentang program permesinan yang memenuhi aspek operasional penangkapan ikan dan materi tentang tata cara perawatan dan pemeliharaan mesin kapal perikanan yang diberikan tim Pokja permesinan dan operasional kapal perikanan. 

Sejumlah teknisi andal dari PT Suzuki Indo Mobil Sales Jakarta dan PT Adi Karya Makmur Cilacap, dihadirkan membantu para nelayan dalam memberikan layanan servis mesin kapal secara gratis. Hadir dan membuka kegiatan itu, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP, Vita Ervina SE MBA, ditemani Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Wiyoto Harjono ST, Petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Ocang, Perwakilan Pos TNI Angkatan Laut, Kepala Desa Jatikontal dan puluhan nelayan dari sejumlah desa di pesisir pantai selatan Purworejo. 

"Ada sekira 40-50 mesin kapal nelayan yang diservis," kata Vita Ervina, saat ditemui di sela kegiatan. 

Dikatakan, sudah ada 20 mesin kapal nelayan baru yang diberikan olehnya belum lama ini. Vita berharap mesin baru itu bisa digunakan oleh para nelayan dan mesin yang lama bisa digunakan sebagai cadangan. 

"Kegiatan ini kan rangkaian sebenarnya dari program-program bantuan yang diberikan untuk nelayan di Kabupaten Purworejo. Harapannya mereka bisa lebih mudah dalam menangkap ikan dengan alat-alat tangkap dan mesin yang sudah kita berikan, supaya mereka bisa lebih mengoptimalkan dalam kegiatan nelayan mereka," jelasnya. 

Menurutnya, nelayan di Kabupaten Purworejo, sangat jauh bila ingin menyerviskan mesin kapalnya, yaitu dengan datang ke Cilacap, karena jumlah nelayan di Kabupaten Purworejo masih relatif sedikit, sehingga bengkel untuk servis mesin masih bergabung dengan Cilacap. "Saya juga baru tahu kalau mereka itu servis begitu jauh sekali yaitu ke daerah Cilacap, karena memang mungkin di sini nelayannya jumlahnya masih relatif sedikit, bengkel untuk khusus Suzuki nelayan di sini masih belum ada dan masih gabung dengan Cilacap, dan itu jauh sekali, makanya kita harapkan dengan kegiatan ini mereka bisa melakukan perawatan berkala sehingga tidak harus servis dan melakukan perawatan sendiri," ujarnya. 

Petugas KKP, Ocang, menambahkan, untuk servis mesin dilayani secara gratis, bahkan nelayan juga mendapatkan fasilitas gratis tambahan, seperti ganti oli gardan, oli samping dan dua busi. 

"Servis semua gratis, kita berikan semua gratis, ini berkat aspirasi dari beliau Bu Vita Ervina, selaku mitra dari KKP. Ada 55 anggota nelayan yang kita hadirkan hari ini, kita bagi 30 anggota dengan SKN dan 25 anggota lagi servis mesin secara gratis," tambahnya. 

Dijelaskan, untuk SKN yakni diberikan pemahaman Sistem Kecakapan Nelayan. Nelayan diberikan sertifikat agar memiliki keahlian di laut. Lalu dilakukan servis optimalisasi, dengan memberikan pengetahuan kepada para nelayan, tentang cara merawat mesin, dan lain sebagainya. 

"Contoh seperti tadi ada mesin dibuka olinya sudah hitam, artinya sudah kedaluwarsa, itu kan kalau dipaksa terus provelernya bisa nyangkut, makanya kita lakukan seperti ini, mudah- mudahan kegiatan ini tidak berhenti disini, tahun depan beliau menyampaikan aspirasi lagi, dan ini sudah yang kedua kalinya, kalau sebelumnya kita lakukan di Kertojayan," jelasnya. 

Vita dan Ocang berharap kegiatan itu bisa berkesinambungan, mulai dari perawatan mesin yang sudah diberikan kemudian alat tangkap jaring dan lainnya sehingga para nelayan bisa lebih mudah dalam menangkap ikan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Wiyoto Harjono, menyampaikan apresiasi dan terima kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan dan anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP, Vita Ervina SE MBA, yang telah memberikan layanan servis mesin milik nelayan di Purworejo. Disebutkan, secara data saat ini di Kabupaten Purworejo ada sekira 776 nelayan dan 154 kapal. (widarto)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com