Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 15 Juni 2023

Siswa Siswi SDN Jetis-Loano Ikuti Reresik Watu Purba Museum Tosan Aji Purworeo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan Reresik Watu Purba dalam rangka memperingati Hari Purbakala Nasional ke-110 yang dilaksanakan di Museum Tosan Aji Purworejo, Rabu (14/6/2023). 

Reresik Watu Purba dilaksanakan diawali dengan Tari Ngrumat Aji yang dibawakan  seniman muda Purworejo, Wibi dan Riska. Reresik Watu Purba itu juga diikuti oleh siswa siswi dari SDN Jetis Kecamatan Loano, yang kebetulan hadir dan berkunjung di Museum Tosan Aji. 

Dengan melakukan pawai mereka kemudian menuju lokasi benda purbakala yang disimpan baik di pelataran maupun di dalam Museum Tosan Aji Purworejo. Setelah sampai mereka kemudian melakukan upacara pembersihan benda-benda purbakala yang ada. Kegiatan Reresik Watu Purba menjadi semarak dengan penampilan Tari Gambyong yang dilakukan oleh 3 seniman muda yakni Laras, Indah dan Lita. 

Terdapat sekira 175 benda purbakala yang sudah diinventarisasi di Museum Tosan Aji itu, dan ada 3 benda purbakala yang baru. Benda-benda tersebut di antaranya Lingga, Yoni, Ganesha, Trimukti dan lainnya. Ada juga benda budaya tertua yaitu batu andesit Menhir yang dulu pernah menjadi sarana pemujaan di masa pra sejarah dari Desa Semagung Kecamatan Bagelen. 

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Dyah Woro Setyaningsih, saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan,14 Juni 2023 merupakan Hari Purbakala Nasional. “Saya merencanakan sebuah kegiatan atau event kecil-kecilan yang akan kita lakukan sebagai bukti bahwa hari ini adalah Hari Kepurbakalaan Nasional yang kemudian memang harus diinformasikan ke masyarakat,” katanya, saat ditemui di sela kegiatan. 

Dikatakan, salah satu tugas dari kebudayaan adalah menginfokan kepada seluruh masyarakat. Bagi dirinya event tersebut salah satu langkah pasti yang dilakukan dinas dan diharapkan di tahun-tahun mendatang akan menjadi event tahunan. 

“Hari ini disaksikan anak-anak SD pengunjung museum, sebetulnya perlu diketahui oleh seluruh masyarakat khususnya generasi muda, bahwa awal sumber kehidupan itu ada di sini sebuah sejarah,” jelasnya. 

Woro menyebut, kegiatan tersebut tahun kedua dilakukan oleh Museum Tosan Aji. Tahun ini juga kegiatan itu melibatkan anak-anak SD yang berkunjung di Museum Tosan Aji. 
 
"Ini sebetulnya hanya untuk mempermudah anak-anak untuk mengingat bahwa hari ini adalah Hari Purbakala Nasional, dan harus dilakukan, kemudian mereka juga menumbuhkan cinta lagi mereka tentang kebudayaan, tentang tanah air ini, tentang menyadari bahwa benda-benda purbakala ini harus tetap dijaga, tetap harus dirawat, karena kita lahir dari adanya benda-benda purbakala ini, cerita tentang purbakala ada di benda-benda purbakala ini, itu tujuan kami. Kemudian di Hari Purbakala Nasional ini kita adakan suatu kegiatan yang berharap pada saat nya nanti masyarakat luas akan menjadi tau," terangnya. 

Ke depan pihaknya akan merancang lagi agar menjadi salah satu event yang semakin lebih besar dengan pertimbangan agar masyarakat juga bisa tahu jika hari ini merupakan Hari Purbakala Nasional yang jatuh di setiap 14 Juni. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com