Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Rabu, 21 September 2022

Bappedalitbang Purworejo Gelar Lomba Krenova

24 Inventor Bersaing, Majukan Produk Inovasi Masyarakat 

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sebanyak 24 inventor bersaing menampilkan inovasi dan dan kreativitasnya dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tahun 2022 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Purworejo. 

Kendati secara kuantitas peserta mengalami penurunan, jenis produk yang diusung oleh para peserta tahun ini dinilai lebih variatif. Penilaian lomba melalui presentasi dan tanya jawab berlangsung selama dua hari, yaitu pada Selasa 20 September - Rabu 21 September 2022, di aula Bappedalitbang Purworejo. 

Sebanyak 12 peserta dinilai pada hari pertama, sedangkan 12 peserta lainnya pada hari kedua. Sekretaris Bappedalitbang Purworejo, Wahyu Mustiko Aji SE MM, saat membuka kegiatan mewakili Kepala Bappedalitbang menyampaikan bahwa Lomba Krenova merupakan agenda tahunan pemerintah Kabupaten Purworejo bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai apresiasi kepada para mitra dan inovator atau inventor yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi bagi masyarakat luas. Adanya kompetisi diharapkan juga mampu meningkatkan kreativitas dan menumbuhkan inovasi masyarakat. 

“Kami sangat mengapresiasi antusias partisipasi masyarakat dalam mengikuti lomba ini. Semoga lomba krenova tidak hanya untuk kepentingan kompetisi, lebih dari itu dapat menghasilkan inovasi baru yang dapat bermanfat bagi masyarakat luas,” katanya.  


Menurutnya, Lomba Krenova telah digelar sejak sekitar tahun 2016. Sejak saat itu, Kabupaten Purworejo kerap memperoleh prestasi di tingkat provinsi hingga nasional. “Kami berharap semoga nantinya 6 pemenang hasil lomba ini akan dapat memperoleh nominasi juga di tingkat provinsi hingga nasional seperti tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya. 

Panitia pelaksana lomba, S Rahayu, menyebut Lomba Krenova tahun ini diikuti sebanyak 24 perserta, terdiri atas perorangan dan kelompok. Jumlah itu mengalami penurunan dari tahun 2021, meskipun tidak signifikan. “Tahun 2021 ada 25 peserta. Meskipun jumlahnya turun, untuk tahun ini inovasi yang ditampilkan lebih bervariasi. Peserta juga dari berbagai kalangan, mulai masyarakat umum, instansi, mahasiswa hingga pelajar SMA dan SMP juga ada,” sebutnya. 

Dijelaskan, ada 10 bidang fokus yang dapat diusung peserta. Beberapa di antaranya yakni bidang agribisnis dan pangan, energi, kehutanan dan lingkungan hidup, serta kelautan dan perikanan. Ada pula aspek kesehatan, obat-obatan dan kosmetik, pendidikan, rekayasa dan manufaktur, kerajinan dan industri rumah tangga, serta sosial budaya. Dalam melakukan penilaian, Bappedalitbang melibatkan 5 juri yang berasal dari unsur perwakilan pemerintah daerah, akademisi, praktisi, dan media. Hadiah cukup besar disiapkan oleh Bappedalitbang. Nantinya, pemenang utama I akan mendapatkan uang pembinaaan Rp8.025.000, pemenang utama II Rp6.955.000, pemenang utama III Rp5.350.000, Pemenang Harapan I Rp4.280.000, Pemenang Harapan II Rp3.210.000, dan Pemenang Harapan II Rp2.140.000. Para pemenang tersebut juga akan dikirim ke provinsi untuk mengikuti ajang serupa. 

“Pengumuman pemenang tahun ini dijadwalkan pada bulan Oktober. Sleanjutnya, 6 pemenang tingkat kabupaten akan kita kirim ke tingkat provinsi pada lomba Krenova tahun 2023,” jelasnya. 

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Purworejo selaku Ketua Tim Juri, Anggit Wahyu Nugroho SSi Macc, mengungkapkan bahwa meski secara kuantitas turun, kualitas karya peserta tahun ini tidak berkurang. Bahkan, berdasarkan pelaksanaan penilaian hingga hari kedua diketahui bahwa jenis inovasi yang ditampilkan lebih bervariatif. “Untuk tahun lalu lebih didominasi bidang teknologi informasi dan komunikasi. Tahun ini banyak muncul inovasi bidang baru, seperti agribisnis dan pangan, energi, lingkungan hidup, kesehatan, obat-obatan dan kosmetik, pendidikan, rekayasa dan manufaktur,” ungkapnya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com