Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 02 Juni 2022

Banjir Purworejo, Terdampak Pelaku UMKM Kacang Sangan Rugi Rp 30 Juta

Pelaku UMKM mengalami kerugian besar
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Purworejo pada Rabu (1/6/202) pagi,  juga membawa kerugian bagi para pelaku usaha. Salah satunya pelaku usaha kacang kulit sangan yang merugi hingga Rp30 juta yang dikelola Heri Suroto (54) tinggal di Desa Tangkisan RT 2 RW 2 Kecamatan Bayan. 

Usaha kacang kulit sangan yang digelutinya sejak lama, saat ini harus terdampak bencana banjir yang merendam rumahnya setinggi satu meter lebih. Akibatnya kacang kulit sebanyak 2 ton terkena banjir dan semuanya mengapung, sehingga kacang kulit yang pengolahannya menjadi kacang sangan mengalami kerusakan, dengan kerugian yang cukup lumayan nilainya. 

“Dengan adanya bencana banjir ini sangat prihatin karena dagangan saya terendam semua, tidak sempat mengamankan. Dagangan yang rusak 2 ton ini kerugiannya sebesar Rp 30 juta. Harapannya ada perhatian dinas instansi terkait kepada para pelaku usaha, sehingga kami bisa melanjutkan usaha kembali,” harap Heri Suroto yang didampingi istrinya, Sulastri.  

Kacang kulit sangan olahannya sudah merambah pasar-pasar lokal Kabupaten Purworejo hingga luar daerah seperti Magelang, Semarang, Kebumen, Jakarta dan beberapa kota lain. Produk kacangnya memiliki 4 label antara lain Tiga Saudara(TS), Tunggal Roso (TR), Muncul Sari (MS) dan AR. Kemasannya sesuai pesanan dari mulai per 1 kilogram hingga 10 kilogran perkemasan. 

Setiap hari menyangrai kacang dengan cara khusus menggunakan pasir tertentu sehingga memiliki ciri rasa enak yang berbeda. Kacang kulit sangan milik Heri Suroto dikenal memiliki rasa yang gurih dan renyah, sehingga banyak yang mencari. Tak heran jika banyak pedagang maupun pecinta kacang kulit sangan yang berdatangan ke rumahnya untuk membeli produknya. Terkait banjir yang berulang, Heri Suroto berharap ada peninjauan kembali dengan adanya bangunan tanggul sungai. 

“Karena setelah dibuat tanggul sungai, justru sekarang sering banjir. Aliran air atau parit atau pintu-pintu air menuju sungai kurang banyak dan kurang lebar. Sehingga air yang masuk pemukiman akan kesulitan mengalir ke sungai karena tertahan oleh tanggul sungai. Jika tidak segera ditangani tidak menutup kemungkinan banjir akan berulang dengan kasus yang sama,” harap Heri Suroto. 

Hal yang sama juga disampaikan Basuki (42) yang menggeluti usaha rongsok (barang bekas) yang tinggal di RT 2 RW 2 Tangkisan. Basuki meminta pemerintah membuat solusi untuk antisipasi agar tidak menjadi langganan banjir, karena dalam tiga bulan sudah dua kali terjadi banjir. (*/aspi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com