Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Minggu, 03 April 2022

Mengenal Aplikasi SiKades : Solusi Tepat Aman dalam Mengelola Dana Desa

Sosialisasi di Aula Kodim Purworejo, Diharapkan Kades Tidak Tersandung Masalah Hukum

KAWAL DANA DESA : Sosialisasi aplikasi SiKades di aula Kodim 0708 Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Untuk membantu Kepala Desa menangani pengelolaan Dana Desa (DD), telah hadir Sistem Informasi Jaga Kawal Desa ( SiKades ) bagi Kepala Desa. 

SiKades digunakan agar Kepala Desa aman dalam mengelola Dana Desa. SiKades memberikan pendampingan dari soal perencanaan anggaran,sampai pembuatan SPj (surat pertanggungjawaban). 

"Aplikasi tersebut merupakan instrumen sehingga bisa diselaraskan untuk memberikan persamaan persepsi antara Kades dan APH (aparat penegak hukum). Penggunaan Dana Desa bisa tepat waktu dan tepat guna, bisa sukses tetapi tidak salah," terang pemilik aplikasi SiKades, Adi Hartono, saat paparan di aula Kodim 0708 Purworejo, Sabtu (2/4/2022). 

Menurut Adi, aplikasi SiKades dilaunching tahun 1999 dan telah ada kesepakatan antara Kemendes dan Kapolri, dimana APH turut serta aktif mengawal dan mendampingi penggunaan  DD. Aplikasi SiKades ini gratis. 

"Setiap Desa yang mau akan kita bantu, Kades hanya perlu melakukan bintek (pembinaan teknologi). Nanti akan kami bimbing dan kami bantu selama 1 tahun," imbuh pemilik CV Tiga Pilar Teknologi. 

Adi menambahkan, sebagai penyedia aplikasi, ada sinergi bangsa, mediasi yang baik antara pemangku kebijakan dengan Kades sebagai pengelola anggaran. 

"Ke depan kami berharap, tidak ada lagi Kades tersandung kasus korupsi penyalahgunaan anggaran karena ketidakpahaman dan menjadi tersangka. Kasihan, karena ketidaktahuan," sebutnya. 

Masih menurut Adi, terselenggaranya sosialisasi dan pemaparan sistem informasi Jaga Kawal Desa bagi Kepala Desa Kabupaten Purworejo, juga dukungan dari Dandim Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim SSos MSi dan dukungan dari salah satu tokoh perempuan drg Hj Verra Anggraeni MKes. 

Acara tersebut juga dihadiri perwakilan Tipikor Polres, Kejaksaan, Inspektorat dan Dinpermades Kabupaten Purworejo. Untuk peserta, panitia mengundang kurang lebih 50 Kades. Di sela acara, dokter Verra Anggraeni sangat mengapresiasi dan mengatakan aplikasi SiKades untuk mengelola Dana Desa. Sebagai pengamat sosial, dokter Vera berharap aplikasi tersebut memudahkan penggunanya.

"Dengan aplikasi SiKades bisa cepat diketahui pembangunan dan sisa anggarannya secara cepat," sebut Verra. 

Sementara itu Dandim 0708 Kabupaten Purworejo, Letkol Lukman Hakim mempersilakan bagi masyarakat yang punya kegiatan diperbolehkan menggunakan aula Kodim. 

"Intinya Kodim adalah TNI aparat teritorial, dan TNI dengan rakyat ibarat seperti ikan dan air, saling membutuhkan, tidak bisa dipisahkan. Kami komitmen untuk mengatasi kesulitan masyarakat," jelas Dandim menanggapi pelaksanaan sosialisasi SiKades di aula Kodim 0708 Purworejo. 

Menurut Dandim yang bersuara merdu tersebut, pihaknya menilai sosialisasi SiKades baik dan penting. "Dengan aplikasi berbasis IT (informasi teknologi) saya berharap Kepala Desa tidak tersandung masalah dalam mengelola anggaran dana desa," harap Dandim (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com