Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 24 Maret 2022

Kemarahan Kadinas di SMPN 26 Purworejo Dinilai Jadi Preseden Buruk Dunia Pendidikan

Mengadu ke Dewan, Komisi IV dalam Waktu Dekat Datangi Lokasi Kejadian

Kepala SMPN 26 Purworejo Kusnan
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Kejadian kurang mengenakkan dialami civitas akademika SMPN 26 Purworejo saat menerima kunjungan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Wasit Diono SSos. 

Kadinas yang baru menjabat tersebut, hadir dalam agenda penilaian kinerja kepala sekolah. Namun saat melihat ada anak tertidur di dalam kelas, Kadinas meluapkan kemarahannya dengan ekspresi berlebihan. Kejadian tersebut menimbulkan trauma bagi anak hingga dewan guru karena hal itu terjadi di hadapan kepala sekolah, guru, komite bahkan ada dua orang siswa yang turut menyaksikan. 

Kepala SMPN 26 Kusnan Kadari MPd saat dimintai konfirmasi di kantornya, Kamis (24/3/2022) menyayangkan adanya kejadian tersebut. Kusnan mengatakan, apa yang dilakukan Kadinas tersebut jauh dari etika yang dijunjung tinggi dunia pendidikan. 

"Hingga saat ini siswa kami yang menyaksikan kemarahan Kadinas masih mengalami trauma. Mungkin karena belum pernah menyaksikan ekspresi kemarahan yang seperti itu. Guru-guru juga masih sakit hati mendapat perlakuan seperti itu. Karena puluhan tahun mengabdi di dunia pendidikan, baru pertama kali ini mereka merasakannya," katanya. 

Kusnan menambahkan, meskipun maksud dari Kadinas mungkin baik, namun cara yang digunakan tidaklah tepat. Menurut dia, menyikapi anak yang tertidur di dalam kelas tidak bisa reaksioner apalagi dengan bahasa kemarahan yang tidak beretika dan tidak sesuai dengan pendekatan psikologi pendidikan maupun psikologi anak. 

"Saat kami tanya, anak yang tertidur itu tidak tidur. Namun menahan sakit karena perutnya keram. Mau izin keluar tidak berani," kata Kusnan.  

Selain itu, Kusnan juga menyampaikan bahwa sumber daya manusia (SDM) anak yang masuk ke SMPN 26 itu berasal dari 8 kecamatan sekitar. "Itu pun sebagian besar adalah anak-anak yang sudah mendaftar di sekolah lain, namun tidak diterima. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kondisi sekolah kami yang butuh perlakuan khusus dalam menangani persoalan anak. Tidak bisa dengan marah-marah seperti itu," beber dia. 

Kusnan berharap kejadian tersebut tidak terulang lagi di lembaga pendidikan di wilayah Kabupaten Purworejo. Ia juga meminta agar kepada Kadinas dapat menyadari kekeliruannya dan meminta maaf. 

"Kejadian tersebut merupakan preseden buruk bagi dunia pendidikan di Purworejo," tandasnya. 

Sementara itu, Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan Wasit Diono saat dimintai konfirmasi menyampaikan bahwa apa yang terjadi di SMPN 26 itu intern Dinas Pendidikan. Apa yang ia lakukan adalah bentuk tanggung jawab dan pembinaan terhadap guru yang bernaung di bawah dinas yang ia pimpin. 

"Jadi saat saya ke sana, saya melihat ada anak tidur. Saat itu sedang TUC. Dua orang pengawas ada juga di sana. Anak itu kemudian saya bangunkan. Saya kemudian ke kantor. Guru pengawas saya minta untuk ke kantor dan saya berikan teguran di sana. Saat itu saya tidak tahu kalau ada siswa juga di kantor. Yang jelas itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab dari dinas untuk memberikan pembinaan. Jangan sampai ada guru melakukan pembiaran terhadap anak yang tidur. Tanggung jawab mendidiknya dimana? Jadi kalau tidak terima ya silakan," ucapnya. 

Abdullah
Komisi IV DPRD Purworejo Muhammad Abdullah, dikonfirmasi di kantornya mengatakan bahwa pihaknya telah menerima aduan dari pihak SMPN 26 terkait kemarahan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. Komisi IV selaku yang membidangi pendidikan, dalam waktu dekat mendatangi lokasi kejadian sekaligus memintai keterangan dari pihak-pihak yang mengetahui kejadian tersebut. 

“Minggu depan kita agendakan datang ke lokasi kejadian untuk mendapatkan keterangan yang lebih jelas,” tegas Abdullah-politisi Nasdem. (*/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com