Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 17 Februari 2022

Pelatihan Trust and Safety Training Internet di Heroes Spark Purworejo

Pelatihan yang dibuka Kepala DPPPAPMD
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sangat disadari era sekarang era digital yang hampir semua lini memanfaatkan keberadaan internet. Seperti belajar mengajar, pelayanan, bisnis, informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan lalu lalangnya penggunaan internet, juga harus memperhatikan kehatia-hatian. Terutama data pribadi, jangan mudah dishare akan merugikan diri sendiri. 

Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Teknologi Informatika Statistik dan Persandian Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo Rahayu Slamet ST MEng sebagai narasumber pada Pelatihan Trust and Safety Training Internet yang berlangsung di Heroes Spark Purworejo, Selasa (15/2/2022). 

Kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke-191 Kabupaten Purworejo tersebut, dibuka Kepala Dinas PPPAPMD Kabupaten Purworejo Laksana Sakti AP MSi yang sekaligus mengharapkan, melalui kegiatan pelatihan, supaya anak-anak sekolah dapat menggunakan internet yang sehat dan aman serta bijak dalam bermedsos. 

Sehingga harapannya setelah mengikuti pelatihan, anak-anak dan pendamping dapat menerapkan dan menginformasikan kepada teman sebaya baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. 

Rahayu Slamet dalam lanjutan materinya menjelaskan, data pribadi yang disare seperti KTP, KIA, alamat rumah dapat disalahgunakan orang lain. "Kita harus hati-hati dalam menggunakan media sosial. Jangan menggunakan wifi publik, karena admin bisa meretas data pribadi pengguna. Juga jangan membuat password yang menggunakan tanggal lahir, dan NIK, karena akan lebih mudah dilacak,” paparnya. 

Menurut Rahayu Slamet, dalam menginstal aplikasi harus pilih-pilih jangan sembarangan. Termasuk jangan membagikan (share) data atau informasi yang sifatnya privasi maupun informasi yang belum diketahui kebenarannya yang bisa disebut hoax. Karena akan bisa dikenakan sanksi hukum dalam UU ITE yaitu menyebarluaskan informasi tidak benar. 

“Jika kita melihat komunitas ini, mungkin anak SMA bahkan anak SMP sudah mahir menggunakan gadget. Ini bagus karena perkembangan teknologi yang pesat, tetapi bisa sebagai ancaman jika tidak hati-hati dalam menggunakan gadget. Maka bijaksanalah dalam menggunakan gadget,” tandas Rahayu Slamet. 

Sementara itu Kabid PPPA Widiati SIP MAP melaporkan, kegiatan pelatihan Trust and Safety Training Internet bertujuan meningkatkan pemahaman dalam penggunaan internet sehat dan aman serta bijak dalam bermedia sosial. Peserta 100 anak yang dibagi dalam dua tahap yaitu tahap awal 50 anak yang terdiri dari perwakilan dari beberapa sekolah SMP Negeri, supaya tidak berkerumun sehingga tetap menerapkan prokes. Di samping kegiatan pelatihan, juga dilaksanakan penyerahan simbolis bantuan pendidikan bagi anak yang kehilangan salah satu atau kedua orangtuanya karena Covid-19. Bantuan yang diberikan kepada 49 anak itu merupakan program kerjasama Yayasan Setara Semarang dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah, dan Fakultas Kedokteran Uninersitas Diponegoro. (*/aspi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com