Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 22 Februari 2022

Dukung Pembangunan PSN Bendungan Bener : Aliansi Petani Purworejo Selatan Demo di DPRD

Bendungan Memberi Manfaat Besar, Cegah Banjir dan Sangat Penting untuk Irigasi   

Massa pendemo dari Aliansi Petani Purworejo Selatan mendukung PSN Bendungan Bener
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Permasalahan Bendungan Bener Purworejo Jawa Tengah, yang dipicu oleh ricuh di Desa Wadas Kecamatan Bener mendapat perhatian masyarakat luas. Termasuk para petani di wilayah Kecamatan Ngombol, Purwodadi dan Bagelen yang akan menerima manfaat dari bendungan tertinggi di Indonesia itu. 

Membawa rombongan sekira 1.500 orang, mereka yang tergabung dalam Aliansi Petani Purworejo Selatan, melakukan demo di DPRD Kabupaten Purworejo, Senin (21/2/2022). Tujuannya aksi mereka, mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener. 

Salah satu pendemo saat berorasi
"Kami mendukung PSN Bendungan Bener. Harapan kami agar pembangunan bendungan terus berjalan hingga selesai," kata koordiantor aksi Aliansi Petani Purworejo Selatan, Kun Topik Ali Akbar saat berorasi dari mobil komando. 

Kemudian perwakilan petani masuk ke ruang sidang paripurna, diterima Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setiabudi, Wakil Ketua Kelik Soesilo Ardani dan H Frans Suharmaji. 

"Pada masa tanam (MT) satu, kami sulit memperoleh air, desa saya juga sering banjir. Kami minta PSN Bendungan Bener segera diselesaikan. Jika sudah jadi, bisa mengendalikan banjir di wilayah kami," kata Heru Widodo dari Kelompok Tani Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen. 

Desa Dadirejo dan beberapa desa lain di sekitarnya memang menjadi langganan banjir luapan Sungai Bogowonto. Karena itu mereka memiliki harapan besar bendungan yang mengambil air dari Sungai Bogowonto akan dapat mengendalikan banjir di desa mereka. 

Ketua DPRD Dion Agasi menemui pendemo
Dalam pertemuan ini para petani juga sempat curhat bagaimana di media sosial dan pemberitaan yang diblow up hanya warga Wadas yang kontra quarry. Warga yang mendukung proyek Bendungan Bener sama sekali tidak diekspose. 

Mereka takut, jika yang diberitakan gencar hanya masalah penolakan quarry oleh sebagian warga Wadas, pembangunan bendungan akan terganggu. Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi mengatakan, terkait permasalahan bendungan harus mengedepankan penyelesaian dialogis. 

"Terima kasih pada para petani yang mendukung PSN Bendungan Bener. Kami di DPRD menerima setiap aspirasi dan akan melakukan tindak lanjut," kata Dion usai menerima perwakilan pendemo.

Dion sepakat PSN Bendungan Bener harus tetap berjalan karena memberikan manfaat sangat luar biasa. "Mereka (petani) khawatir dengan pemberitaan akan membuat pembangunan bendungan terganggu," kata Dion. 

Usai dialog dengan unsur pimpinan dewan, para petani kemudian meninggalkan ruang rapat paripurna dengan tertib dan diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan. (*/kj)

reporter    : ngabdiri koim/heri prastomo 

editor        : tomo widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com