Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Sabtu, 29 Januari 2022

Kelas Guru Puisi Purworejo Launching Buku Antologi Puisi dan Parade Baca Puisi

Tingkatkan Kreativitas dan Percaya Diri pada Guru akan Karya yang Dihasilkan


PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sejumlah guru dari guru TK, SD dan SMP di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang tergabung dalam Group Kelas Puisi Guru Kabupaten Purworejo, melaunching Buku Antologi Puisi dan Parade Baca Puisi dengan judul Seulas Kisah pada Setangkai Resah. 

Kegiatan diselenggarakan di gedung Riptaloka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, pada Sabtu  29 Januari 2022. Launching ditandai dengan penyerahan buku antologi puisi kepada sejumlah pihak di antaranya perwakilan DPRD Kabupaten Purworejo, pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Sastrawan dari Kopisisa Kabupaten Purworejo. 

Lauching juga diisi dengan penyerahan piala dan hadiah pemenang/juara lomba baca puisi antologi berjudul Seulas Kisah pada Setangkai Resah dan dilanjutkan dengan pembacaan puisi secara bergantian dari pemenang lomba dan para guru TK, SD dan SMP yang dikemas dalam parade baca puisi dan puisi tunggal. 

Berkesempatan membuka dan melaunching buku antologi itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Doktor Sukmo Widi Harwanto SH MM yang diwakili oleh Kepala Bidang SD, Sri Anteng SPd,MM. 

Ketua Panitia yang juga guru dari SDN Bandung Kecamatan Kutoarjo, S Sri Rahayu SPdSD mengatakan, launching itu merupakan launching buku antologi yang kedua dari Kelas Puisi Guru Kabupaten Purworejo yang sampai saat ini telah beranggotakan 111 guru dari TK, SD/MI dan SMP/MTs se-Kabupaten Purworejo. 

"Buku antologi berjudul Seulas Kisah pada Setangkai Resah ini penulis atau penciptanya terdiri atas dari 22 orang guru yang berasal dari guru TK, SD dan SMP yang tergabung dalam group Kelas Puisi Guru Kabupaten Purworejo. Dalam kegiatan ini pula mereka juga membacakan hasil karya mereka secara bergantian yang kita kemas dalam parade baca puisi," ungkap S Sri Rahayu saat ditemui di sela kegiatan. 

Kegiatan itu, lanjutnya, diawali dengan diadakanya lomba baca puisi secara virtual beberapa waktu lalu, lomba diikuti oleh 174 peserta yang terdiri atas 91 peserta dari SD dan 83 peserta dari SMP, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas pelajar baik SD, MI, SMP dan MTs di Kabupaten Purworejo dalam bidang baca puisi, meningkatkan rasa percaya diri dari prestasi yang dihasilkan, mengembangkan imajinasi, ide dan gagasan para pelajar dan melatih untuk berpikir kritis terhadap alam dan lingkungan sekitar. 

"Pada babak penyisihan yang diadakan pada Sabtu tanggal 8 Januari 2022 lalu kami mengambil 6 peserta terbaik dari kategori SD/MI dan 6 peserta terbaik dari kategori SMP/MTs yang kemudian dilombakan secara luring/langsung," katanya. 

Hasil perlombaan itu didapat untuk juara 1 kategori SD diraih oleh Ananda Rina Jessica dari SDN Tangkisan Kecamatan Bayan dan juarai 1 kategori SMP diraih oleh Ananda Dominika Rayya Bening dari SMPN 2 Purworejo, dan keduanya berkesempatan membacakan satu buah puisi wajib berjudul Sang Cendekia Negeri ciptaan Ambarwati dari SDN Kuwurejo Kecamatan Kutoarjo untuk kategori SD dan puisi berjudul Seulas Kisah Pada Setangkai Resah ciptaan S. Sri Rahayu dari SDN Bandung Kecamatan Kutoarjo untuk kategori SMP. 

"Tujuan launching dan parade puisi antologi serta puisi tunggal ini adalah untuk meningkatkan kreativitas guru di Purworejo dalam bidang cipta puisi, meningkatkan rasa percaya diri pada guru terhadap karya yang dihasilkan, mengembangkan imajinasi, ide dan gagasan para guru serta melatih untuk berfikir kritis terhadap alam dan lingkungan sekitar," ujarnya. 

Pihaknya selaku pengurus Group Kelas Puisi glaguru Kabupaten Purworejo berharap bapak ibu guru di Kabupaten Purworejo nantinya bisa mengikuti jejak mereka untuk meneruskan dan bersama-sama menciptakan sebuah karya guna meningkatkan literasi dan lebih mendekatkan diri kepada anak didik sehingga nantinya pelajaran atau budaya literasi itu bisa menambah budaya atau kebudayaan di Indonesia utamanya di Kabupaten Purworejo. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com