Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

KabarJateng.co.id

KabarJateng.co.id

Kamis, 09 Desember 2021

Bangkit dari Pandemi, Mahasiswa UM Purworejo Bantu Pasarkan Gula Jawa secara Modernisasi

Kerja Sama Kelompok Wanita Tadi Desa Sudimoro Kecamatan Purworejo

Gula aren produksi KWT Desa Sudimoro
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Sejumlah mahasiswa di Purworejo, Jawa Tengah, membantu UMKM yang kini mulai berjuang untuk bangkit lagi setelah dihantam badai pandemi Covid-19. 

Salah satunya, mereka melakukan moderenisasi bisnis gula aren di Desa Sudimoro, Kecamatan Purworejo. Ide itu muncul dari sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo yang sedang melaksanakan Program Holistik pembinaan Desa (PHP2D) yang fokus kegiatannya untuk memberdayaan masyarakat. 

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan mahasiswa tersebut melibatkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sudimoro. "Sebelum kita terjun langsung kesini ada yang mengusulkan untuk mengembangkan bisnis Gula Aren dengan modernisasi, dimana kita melihat banyak pengerajin gula aren khas Sudimoro yang kesulitan memasarkan barang dagangannya karena situasi sedang pandemi," ucap salah satu mahasiswa, Faizin, pada Senin (6/12/2021). 

Faizin bersama teman-temannya kemudian mencari cara agar gula aren yang diproduksi oleh warga Desa Sudimoro melesat pemasarannya. Mereka menginisiasi agar produk gula aren asal desa tersebut dipasarkan lewat online dan ukurannya dibuat lebih menarik serta membuat packaging yang sesuai dengan brand yang mereka gagas. "Kita melihat dari bentuk yang sebelumnya lebih besar makanya kita mengubah bentuk gula aren yang lebih praktis dan ekonomis," ujarnya. 

Ide yang dimunculkan mahasiswa ini terbukti ampuh. Gula aren buatan warga Sudimoro kini mulai dipasarkan secara online. Selain itu, mahasiswa mengajarkan para produsen agar tidak terpaku terhadap pola pemasaran yang konvensional. 

"Kita tidak boleh stagnan dipemasaran yang tradisional kita harus mampu bersaing Agar Gula yang diproduksi dapat dimaksimalkan penjualannya," jelasnya. 

Kepala Desa Sudimoro, Sutarto, menjelaskan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan didesanya itu. Dengan modernisasi penjualan, kedepan pasti akan menuntut produksi dengan jumlah yang banyak, maka dari itu pihak berencana menambah sumber produksi dengan menanam 1000 pohon aren. "Kedepan akan kita tambah sekitar 1000 batang bibit aren untuk menunjang produksi gula," katanya. (widarto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, , Bimo Satrio, Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com