Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 11 November 2021

PKK Pangenjurutengah Dikunjungi PKK Tempuran Magelang

Studi Banding Hatinya PKK dan Pengolahan Limbah Rumah Tangga

Kunjungan PKK Desa Growong Kecamatan Tempuran-Magelang ke Pangenjurengah
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo khususnya di PKK Kelurahan Pangen Jurutengah RW 08 Kecamatan Purworejo mendapat kunjungan studi banding dari TP PKK Desa Growong Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang.

Study banding terkait halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK) dan pengolahan limbah rumah tangga. Studi Banding PKK yang dipusatkan di Balai RW 08 pada Selasa (10/11/2021) diterima wakil ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Dra Erna Setyowati Said Romadhon, PlT Sekcam Purworejo Adhi Pawoko, Lurah Pangen Jurutengah, Ketua PKK Kecamatan, Ketua PKK Pangen Jurutengah dan sejumlah pengurus PKK.

Tim study banding yang dipimpin Camat Tempuran Yuvita Isni Kadratin SE MM mengagendakan di Pangen Jurutengah memiliki tujuan untuk belajar mengolah sampah yang tidak terpakai menjadi barang-barang yang bermanfaat. Juga bertukar ilmu dan saring tentang pemanfaatan Hatinya PKK yang bisa menjadi asri meskipun halamannya minim.

Sekilas tentang Desa Growong Tempuran, berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Potensinya budidaya tanaman herbal karena pegunungan dan tanahnya berbeda dengan desa lain. “Tentunya apa yang kami peroleh di sini akan diterapkan di Desa Growong, sehingga sampah dan halaman dapat terkelola dengan baik,” ujar Yuvita.

Erna Setyowati Said Romadhon dalam sambutannya mengapresiasi TP PKK Desa Growong yang  bertukar kaweruh dengan PKK di Pangenjurutengah. Bahkan Kelurahan Pangenjurutengah memperoleh juara 2 tingkat Kabupaten Purworejo dalam lomba Hatinya PKK, dan juara I dalam lomba taman pintar tingkat Kabupaten Purworejo. Pengolahan Hatinya PKK dan pengolahan limbah rumah tangga merupakan kegiatan rutin yang dimandegani PKK Pokja III. Maka di masing-masing rumah memanfaatkan halaman yang ditanami sayuran buah hingga tanaman hias. Termasuk dalam pengolahan sampah sudah dibiasakan memilah sampah, kemudian disetorkan di bank sampah yang berbagi hasil penjualan untuk mendukung kegiatan PKK RW.

Plt Sekcam Purworejo Adi Pawoko SSTP MSi mengatakan, Pangen Jurutengah ini memiliki semangat yang tinggi dalam kegiatan PKK. Seperti pengelolaan Hatinya PKK dan pengolahan sampah rumah tangga. Tentunya dengan kejuaraan Hatinya PKK diharapkan bisa menularkan apa yang menjadi keungguan dari Kelurahan Pangen Jurutengah sehingga dapat bermanfaat serta dapat saling bertukar ilmu. Selain di Balai RW, tim study banding juga melihat secara langsung bank sampah, taman pintar, rumah sehat dan pemanfaatan halaman. Termasuk melihat hasil kerajinan tangan seperti pembuatan tas dari limbah, batik tulis, minyak kelapa dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Ngabdiri Koim, Irvan Kusuma, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, , Bimo Satrio, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com