Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Rabu, 08 September 2021

Vita Ervina Tindak Lanjuti Aspirasi Warga Munggangsari Grabag Purworejo

Digelar Bimtek dengan Fokus Komoditi Jambu Kristal 


PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bertempat di Hotel Sanjaya In Purworejo, Selasa 7 September 2021, digelar bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas petani/pelaku usaha di bidang hortikultura, berupa teknik budidaya dan pengolahan hasil jambu kristal. Bimtek terselenggara kerja sama Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jateng VI Vita Ervina SE MBA bersama Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. 

Kepedulian dan perhatian Vita untuk konstituennya, sangat besar. Perlu diketahui, gelaran bimtek merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat saat Vita turun langsung ke tengah masyarakat.   

Vita mengakui, bimtek pertanian bidang hortikultura difokuskan komoditi jambu kristal, karena ada alasannya tersendiri. Kala itu April 2021, Vita terjun ke masyarakat Desa Munggangsari Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo. Masyarakat setempat berharap, pertemuan dengan Vita jangan menjadi yang pertama dan terakhir. 

Sebagai tindak lanjutnya, Vita menggelar bimtek untuk peningkatan nilai tambah jambu kristal, bagaimana mengolah jambu kristal menjadi aneka olahan lainnya. Bahkan Vita sudah mencicipi rujak jambu kristal yang segar dan enak, dari produk khas jambu kristal Desa Munggangsari. 

"Untuk meningkatkan produksi dan cadangan pangan nasional melalui pengembangan kampung hortikultura, meningkatnya nilai tambah komoditas pertanian dan kesejahteraan petani, melalui penumbuhan UMKM hortikultura. Tersedianya dukungan sarana dan prasarana dalam pengembangan kawasan sentra produksi pangan berbasis korporasi. Melalui digitalisasi pertanian melalui pengembangan sistem informasi (SI)," kata Vita yang mengikuti bimtek secara daring. 

Masih kata Vita, sarana prasarana pengolahan hasil hortikultura dapat menjadi sarana dalam penguatan kelompok tani dengan mengolah hasil pertaniannya. Kabupaten Purworejo mempunyai potensi lahan pertanian yang subur dan luas,  mudah dikembangkan khususnya di sepanjang pesisir selatan Kabupaten Purworejo. Dan salah satu produknya yaitu jambu kristal. 

"Perlu perhatian khusus untuk mengupayakan jambu kristal Purworejo mampu bersaing dari sisi kualitas dan hasilnya dapat dipasarkan dalam bentuk aneka olahan. Jambu kristal cukup populer, mengandung vitamin C dan E, juga ada antioksidannya, sangat baik untuk kesehatan," beber Vita.

Vita mengharapkan, dengan gelaran bimtek memberikan pengetahuan tambahan dan motivasi bagi kelompok tani yang ada di Kabupaten Purworejo. Beberapa narasumber dalam bimtek tersebut yaitu Direktur Perlindungan Hortikultura Ditjen Hortikultura Dr Inti Pertiwi Nashwari, Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura DPPKP Kabupaten Purworejo Eko Anang SW.  

Dalam paparannya, Eko Anang SW mengatakan, wilayah selatan Purworejo memiliki potensi cukup baik dalam pertanian hortikultura, utamanya di Kecamatan Grabag dan Ngombol. 

"Kecamatan Grabag berkeinginan menjadi kampung jambu kristal Kabupaten Purworejo dengan area 175 hektare, sementara Kecamatan Ngombol ada sekitar 60 hektare. Selain jambu kristal ada juga tanaman sayuran lain seperti cabai, terong, semangka dan melon. Kecamatan Grabag serta Ngombol merupakan sentranya," kata Eko Anang.

Lanjut Eko Anang, pihak DPPKP juga telah mengusulkan ke Kementerian bahwa Purworejo juga mempunyai potensi durian, dengan telah melepas varietas durian Purworejo bernama Sikatap yang saat ini masih memperbanyak bibit, serta manggis yang dikembangkan di Kaligesing dengan varietas unggul lokal Purworejo yang sudah dilepas Menteri Pertanian.

"DPPKP Purworejo telah berupaya dengan anggaran baik dari APBD maupun pusat untuk pengembangan potensi hortikultura lokal Purworejo," tegasnya. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com