Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Selasa, 17 Agustus 2021

Semaraknya HUT ke-76 RI di Desa Tlogokotes-Bagelen

CINTA INDONESIA : Warga Tlogokotes-Bagelen mengibarkan Bendera Merah Putih
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), tak menyurutkan semangat warga Desa Tlogokotes,Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo-Jawa Tengah, untuk memperingati HUT RI ke-76. 

Warga mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di lokasi wisata Benteng Pendem Gunung Buthak Desa Tlogokotes, Selasa (17/8/2021). Warga berbondong-bondong berjalan kaki menuju lokasi Benteng Pendem yang berada di lereng bukit Gunung Buthak sebelah barat, yang memiliki jarak tempuh ratusan meter dari lokasi perkampungan. 

Dengan berpakaian seadanya, warga antusias mengikuti upacara bendera itu. Karena masih dalam masa pandemi, upacara pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan mengikuti aturan protokol kesehatan. 

"Upacara ini dilaksanakan oleh Pemdes Tlogokotes bersama Pokdarwis Argojoyo dan warga, selain untuk mengisi rangkaian kegiatan HUT RI ke-76, upacara di lokasi Benteng Pendem ini sekaligus sebagai bentuk pengenalan wisata baru, dengan harapan bisa menggali dan mengenalkan aset sejarah berupa peninggalan penjajahan Jepang yang ada di desa ini," ungkap Sekretaris Desa Tlogokotes, Agus Haryono, saat ditemui usai upacara. 

Semua komponen warga Tlogokotes membaur menyemarakkan HUT RI (foto widarto for kj)
Tak hanya melaksanakan upacara bendera, warga Desa Tlogokotes juga telah menggelar serangkaian kegiatan lain, berupa doa bersama (malam tirakatan) di lokasi masing-masing RT pada malam hari dilanjutkan pemukulan kentongan serentak atau yang dikenal dengan tradisi Gobyok oleh seluruh warga dari rumah masing-masing, pada Selasa (17/8/2021) pagi dan upacara pengibaran bendera yang dipusatkan di lokasi wisata Benteng Pendem dan diakhiri dengan pelepasan burung merpati serta ramah tamah warga. 

"Dengan pengenalan aset sejarah ini diharapkan bisa membuka peluang pemasaran atau kepopuleran wisata yang ada di Desa Tlogokotes. Kami juga berharap dunia luar bisa terbuka dan mau belajar tentang sejarah Benteng Pendem ini," harapnya. 

Salah satu warga Desa Tlogokotes, Sari Hastuti, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan upacara pengibaran bendera Merah Putih dilokasi Benteng Pendem. "Sangat berkesan sekali, tahun lalu aaya tidak ikut dan baru pertama kali ini bisa ikut kegiatan ini," katanya. 

Kegiatan itu, lanjutnya, bisa menjadikan pengobat rindu bagi warga setelah cukup sekian lama warga tidak melaksanakan kegiatan dialam terbuka karena terkendala pandemi Covid-19. 

"Kegiatan ini membuat semangat atau spirit perjuangan bagi warga. Perjuangan ini belum seberapa dibandingkan perjuangan pendahulu kita dimasa sebelum kemerdekaan. Oleh karena itu ini bisa menjadi motivasi warga untuk lebih semangat lagi utamanya dalam berjuang melawan pandemi Covid-19," ujarnya. 

Diakui, warga berani mengikuti kegiatan terbuka lantaran Desa Tlogokotes telah dianggap aman dab saat ini sudah tidak ada lagi kasus covid-19. "Sudah lama tidak bisa kumpul, ada kerinduan apalagi Desa Tlogokotes saat ini telah dianggap aman dan tidak ada lagi kasus covid-19 oleh karena itu kami berani ikut dalam kegiatan upacara ini," pungkasnya. (*/darto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com