Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 29 Juli 2021

Wabup Purworejo Minta Pelayanan KB Tetap Jalan

Virtual bridging leadership Bangga Kencana
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengatakan, pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih berlanjut dalam masa pandemi Covid-19 ini. Protokol Kesehatan harus diterapkan di semua lini di Kabupaten Purworejo, sehingga penularannya dapat ditekan. 

Kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat seperti program KB pelayanan akseptor KB, supaya tetap dilaksanakan dengan memperhatikan prokes. Hal tersebut ditegaskan Yuli Hastuti saat ditemui usai mengikuti virtual Bridging Leadership Bangga Kencana. 

Kegiatan Bridging Leadership Bangga Kencana yang digelar secara virtual itu berlangusng di Comen Center Dinkominfo. Turut mendampingi Plt Asisten Pemerintahan Sri Setyowati SH MM, Kepala Dinsosdukkbpppa dr Kuswantoro MKes, Kepala Disdukcapil Dr Akhmad Kasinu MPd, Kabid KB Anny Retno Priastuti SKM MM dan Kabid PPKS Dra Purwandari Pujiastuti. 

Yuli Hastuti mengatakan, pelayanan KB di Purworejo sangat penting di masa pandemi. Apalagi angka kelahiran di Kabupaten Purworejo meningkat. Tentu ini harus menjadi perhatian supaya kelahiran dapat terencana dengan baik. Kegiatan pelayanan KB agar dikemas yang tepat dalam masa pandemi ini. 

“Seperti disampaikan Kepala BKKBN Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K) dalam Bridging Leadership Bangga Kencana, bahwa di Indonesia terjadi lonjakan jumlah kelahiran. Diharapkan daerah supaya lebih intens dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelayanan KB gratis yang semua biaya ditanggung pemerintah,” jelas Yuli Hastuti. 

Terpisah Kabid KB Anny Retno Priastuti menjelaskan, untuk operasional pelayanan KB gratis di Fasilitas Kesehatan yang sudah berjejaring dengan BKKBN ada 48 Faskes. Terdiri 27 Puskesmas dan selebihnya rumah sakit dan rumah sakit swasta, bidan praktek mandiri yang ada di Kabupten Purworejo. 

"Terkait angka kelahiran ada peningkatan kurang dari 5 persen, sebenarnya antusias masyarakat untuk ber-KB sangat tinggi. Tetapi terkendala Faskes ada yang tutup, sehingga peserta KB yang seharusnya mendapatkan pelayanan suntik, dan implant tertunda. Kita tetap berupaya pelayanan KB dilaksanakan melalui praktek mandiri bidan,” kata Anny. 

Di samping melaksanakan pelayanan KB, juga melaksanakan operasional integrasi program Bangga Kencana di Kampung KB. Kegiatannya berupa Pokja Kampung KB, mekanisme operasional di lapangan dan ketahanan keluarga berbasis Tribina. Yakni BKB, BKR dan BKL. 

Dalam laporan penyelenggara yang disampaikan Direktur Pemaduan Kelayakan Pengendalian Penduduk BKKBN Ir Mila Rahmawati MS, Bridging Leadership Bangga Kencana tujuannya supaya Bupati/Walikota dapat menyinergikan, menyinkronkan dan mengharmonisasikan program Bangga Kencana. 

Seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 52/2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, juga UU Nomor 23/2014 tentang urusan pemerintah wajib non pelayanan dasar dalam rangka pengendalian penduduk dan KB. Diharapkan pemerintah daerah dapat melaksanakan program bangga kencana, yakni untuk urusan pengendalian penduduk dan perkembangan kependudukan serta pembangunan keluarga bisa dikawal sampai kepada masyarakat. Terutama outputnya jelas untuk dimasukkan dalam RPJMD dan renstra OPD KB masing-masing daerah. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com