Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 08 Juli 2021

Komisi IV DPRD Purworejo Sayangkan Ketidakhadiran Bupati

RDP terkait PPKM, Ingin Melihat Implementasinya, Apa yang Dikerjakan?  

RDP digelar Komisi IV DPRD Purworejo
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)  yang diterapkan di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo memanggil organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Purworejo yang terkait, untuk rapat dengar pendapat (RDP), Rabu (7/7/2021). 

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo Abdullah  saat ditemui setelah rapat menyampaikan, paling utama pihaknya adalah mengundang Forkopimda Kabupapaten Purworejo, termasuk Bupati Purworejo Agus Bastian. 

"Tentunya ini terkait terbitnya instruksi Bupati tentang PPKM darurat, di mana setelah kami baca itu isinya sebagian hanya menjiplak instruksi Menteri. Dan yang kedua, di situ tidak menjabarkan secara rinci tentang pemberlakuan PPKM di daerah terutama dinas apa bertugas apa, dan kalau tidak melaksanakan sanksinya apa?," kata Abdullah. 

"Kami dari komisi IV ingin mengetahui itu semua, kami tidak ingin instruksi Bupati sebatas seolah-olah sudah bekerja dengan adanya terbitnya instruksi tersebut. Kami ingin melihat implementatifnya, yang dikerjakan apa? Bupati kan kerjanya diperintah di instruksi Menteri itu," ucap Abdullah. 

"Misal dalam bidang pengawasan. Dalam pengawasan Bupati menugaskan OPD, apa mengawasi soal apa, misal ada pelanggaran sanksinya apa? Semua itu ada perintah, agar kemudian bansos dapat disalurkan di masa PPKM ini,". 

"Pertanyaannya, Bupati sudah memperintahkan ke Dinsos apa belum untuk sesegera untuk mengeluarkan bantuan Covid di massa PPKM?," kata Abdullah kembali. 

Masih kata dia, Bupati diberi kewenangan untuk merelokasi anggaran, jika untuk pemberlakuan PPKM dirasa kurang anggaranya dapat menggunakan efisiensi pada kegiatan-kegiatan tersebut dan dapat juga dana tak terduga. 

"Itu semua sudah dilakukan apa belum? Jadi selama ini belum ada langkah konkret menjabarkan soal penerapan PPKM di lapangan sehingga semua terkoordinasi terintegrasi, sehingga panglimanya biar jelas. Jadi tadi dalam musyawarah masing-masing OPD juga bingung, seolah-olah kerja ini keroyokan tapi siapa penanggung jawabnya siapa?, kan belum jelas. Yang seharusnya ada penggung jawab di masing-masing OPD, seperti penertiban pedagang ditugaskan ke OPD yang menangani, soal bantuan sosial Dinsos yang menangani, soal kendaraan umum Dishub yang menangani, jadi semua ini belum ada yang diperintahkan. Jadi dalam penugasan itu semua tidak ada secara jelas," beber Abdullah. 

"Komisi IV DPRD Purworejo sebenarnya ingin melihat kesemuanya itu, tetapi sangat disayangkan pentingnya RDP, Bupati tidak hadir. Ini ke depan demi nasib rakyat bayak," pungkas Abdullah. (*/fauzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan : Antonius Wiyoto AMd, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kabiro Purworejo: Djoko Santoso, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Ngabdiri Koim, M Hendra Aryanto SE, Agus Kaswanto SPAK, Munadi Teguh Santoso, Arifianto Indrawan, , Mustangin, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com