Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Senin, 22 Juni 2020

30 WBP Purworejo Terima Bantuan Paket Sembako

Dari Anggaran Pribadi Wakil Bupati 

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti menyerahkan bantuan paket sembako (humas for kabarjateng)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH memberikan bantuan berupa paket sembako bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dibebaskan secara asimilasi karena pandemi Covid-19. Penyerahan bantuan untuk 30 orang sebanyak 30 paket sembako itu, dilaksanakan di rumah dinas Wakil bupati di Kutoarjo, Minggu  (21/6/2020) sore. 

Disaksikan Kepala Rutan Purworejo Lukman Agung Widodo dan Kepala Bapas Magelang Sapto Isnugroho. Yuli Hastuti mengatakan, hampir semua masyarakat terdampak akibat pandemi virus Corona. Pemerintah Kabupaten Purworejo terus melakukan sosialisasi pencegahan penularan virus Corona. Juga memberikan bantuan sembako, alat pelindung diri (APD) dan lainnya, bagi masyarakat yang terdampak. Salah satunya bantuan sembako bagi warga binaan pemasyarakatan paska bebas, yang juga terkena dampak Covid-19  yakni harus menjalani asimilasi di rumah. 

 Bantuan bagi WBP yang juga terdampak Covid-19
“Diharapkan bantuan sembako ini dapat meringankan beban, di tengah kesulitan masa pandemi virus Corona. Untuk bantuan ini menggunakan anggaran pribadi bukan APBD. Saya dan Pak Bupati memakai anggaran pribadi, agar lebih mudah,” ujar Yuli Hastuti. 

Menurutnya, warga binaan pemasyarakatan di bawah pembinaan Rutan Kabupaten Purworejo,  banyak ilmu pendidikan yang diperoleh, baik keterampilan kerajinan maupun pendidikan yang lain. Ilmu keterampilan tersebut, dapat dikembangkan untuk berwirausaha maupun dalam mengembangkan bakatnya. 

Terutama dalam melanjutkan kehidupan bermasyarakat. Sementara itu Lukman Agung Widodo menjelaskan, jumlah WBP yang dibebaskan secara asimilasi karena Covid-19 dari Rutan Purworejo sebanyak 52 orang dari berbagai daerah. 

Sedangkan yang berdomisili di wilayah Kabupaten Purworejo sebanyak 30 orang terdiri putra 26 dan putri 4 orang. Dan yang mendapat bantuan dari Yuli Hastuti sebanyak 30 orang WBP asimilasi yang di Kabupaten Purworejo. 

“Saya meminta mereka yang asimilasi ke depan bisa mengabdi kepada masyarakat dan tetap semangat menjalani kehidupan bermasyarakat,” tandas Lukman. 

Kepala Bapas Magelang Sapto Isnugroho mengatakan, pelaksanaan asimilasi bagi WBP didasarkan pada Peraturan Menkumham Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana (Napi) dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Asimilasi ini akan berakhir hingga 31 Desember 2020. 

“Saya berpesan agar WBP yang bebas dan menjalani asimilasi, agar menjadi warga yang berguna dan bermanfaat bagi keluarganya maupun lingkungannya. Saya minta jangan melanggar lagi, jadikanlah pembinaan dalam Rutan sebagai pelajaran hidup yang berharga, sehingga dalam melaksanakan hidup bermasyarakat menjadi lebih baik,” ujarnya. (*/kj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Pembina : Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Djoko Santoso, Ardi Dwi Septiawan, Bimo Satrio , Juli Prastomo , Manager Iklan : Tanti Susilowati, Manager Pemasaran dan EO : : Drs Heri Prastowo, Kepala Litbang : Ax Bowo Sutoko SPd, Staf Litbang : Edy Iriyanto, Kabiro Purworejo : Ngabdiri Koim, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staf Redaksi : Woro Suciningtyas SE, M Hendra Aryanto SE, Duta Pamungkas, Eko Stianto , Fotografer : Rahmat Yuni Antoro, Penerbit: Kabar Group , Kantor Pusat: Jl Batu Ratna Perum Griya Karang Joang Asri 2 Blok C2 No 27 RT 15 Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara-Kota Balikpapan-Kaltim, Indonesia Telp.: 081347420231, 0853 4743 3322, 082138182572 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com