Memberikan Berita dan Informasi Terkini di seluruh Jawa Tengah * Mau Bisnis Anda Semakin Berkembang ? Iklankan Produk anda di Kabar Jateng !!! Silahkan Hubungi di 085643358148 / 081326613938

Kamis, 12 Desember 2019

Kisah Sedih Mbah Sumirih, Janda Miskin di Rembang yang Tidak Dapat Bantuan Apa-apa

Mbah Sumirih saat ditemui tim investagasi beritaistana.com di kediamannya Desa Kunir-Rembang
REMBANG, KABARJATENG.CO.ID-Belum lama ini tepatnya Jumat 29 November 2019 lalu, tim investigasi media beritaistana.com mendatangi rumah yang terbuat dari anyaman bambu. Rumah kediaman Mbah Sumirih (65) di Desa Kunir Kecamatan Sulang, Rembang-Jawa Tengah. 
Kedatangan tim, memastikan informasi dari warga Desa Kunir terkait informasi-informasi adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oknum perangkat desa. Setelah berbincang dengan Mbah Sumirih,  memang benar informasinya dari warga tersebut. 

Pengelolaan anggaran untuk RTLH Desa Kunir,  diduga menjadi salah sasaran, pasalnya ada janda tua miskin yaitu Mbah Sumirih, sakit struk sudah 10 tahun tidak bisa kerja dengan keadaan yang memprihatinkan, makan sehari-hari saja tidak cukup, namun tidak mendapatkan bantuan apa-apa.
 "Oalah Mas, kulo niku mboten angsal bantuan nopo-nopo, beras geh mboten, malah kulo  menawi ajeng angsal bantuan RTLH kudu mbayar 6 juta nopo 7 juta ngoten Mas," kata Mbah Sumirih.  
Salah satu gakin lainnya di Desa Kunir-Rembang Mbah Nyamini
Nasib yang sama juga dialami Nyamini (68) warga Dusun Kunir RT 001 RW 003, Desa Kunir, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jateng. Janda tua yang hidup sebatang kara ini tidak mendapatkan RTLH dan sama sekali tidak mendapatkan raskin. 
Kondisi rumahnya terbuat dari bambu, sangat memprihatikan kalau musim hujan bocor semua.  Informasi yang dihimpun, Pemdes Kunir  menyisihkan Rp 130 juta dari dana desa yang mereka terima dari pemerintah pusat untuk membantu rehab rumah tidak layak huni (RTLH). 
Pemdes Kunir mengalokasikan anggaran Rp 130 juta dari dana desa itu untuk merehab 13 unit RTLH. Masing-masing RTLH mendapat Rp 10 juta. 
Sementara itu warga lainnya SN dan SNA yang juga masih tetangga Sumirih membenarkan adanya RTLH yang mau diberikan tidak jadi, lantaran tidak bisa memberikan uang yang diminta oknum perangkat. 
"Iya Mas memang benar Mbah Sumirih tidak dapat raskin dan RTLH, padahal Mbah Sumirih sakit struk sudah 10 tahun, rumah yang ditempati kalau musim hujan bocor," ujar tetangga Mbah Sumirih. 
Sementara itu ketika awak media mengonfirmasi Sekdes setempat, untuk Desa Kunir tahun ini ada 50 unit bedah rumah dan untuk Mbah Sumirih memang diprioritaskan. 
"Tapi Mbah Sumirih sendiri dan keluarga kemarin sudah kita tawarin tapi belum siap untuk tambahan uangnya. Dan untuk raskin, Mbah Sumirih memang dari Dinsos belum dapat," ujarnya. 
Yang lebih mengejutkan adalah salah satu warga, BW, Karangturi RT 4 RW 2 Desa Kunir, tanpa izin dan sepengetahuan orangnya, tahu-tahu rumah direhap pada tahun 2018. 
"Saat itu saya merantau di Jakarta, saya bukanya senang tapi saya merasa keberatan dan kecewa karena isi rumah berantakan membongkar rumah orang tanpa izin sama saja sudah merusak hak orang lain, dalam hal ini saya sangat dirugikan karena perabotan rumah tangga ilang," tegasnya. (warsito)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flight Schedule Adi Sumarmo Airport

Flight Schedule Adi Sucipto Airport

Flight Schedule Achmad Yani Airport

Info Cuaca Jawa Tengah

Redaksi

Penasehat Kabar Group: Suyoso Nantra SSos MM, CEO Kabar Group: Tomo Widodo SHut, Pemimpin Umum : Sigit Widiyanto SE, Pemimpin Redaksi: Drs. Raga Affandi, Koordinator IT & Kreatif : Juli Prastomo, Ardi Dwi Septiawan, Staf IT & Kreatif : Muhammad Fathur, Manager Iklan dan EO : Agus Kaswanto SPAK, Staff Umum : Munadi Teguh Santoso, Abdul Rahman, Kabiro Purworejo: Wiwid, Kabiro Surakarta : Isvaradi, Staff Redaksi : Estu Ismoyo Aji, Rapen Enico Sabdo, Uyi Poerjo, Bayu Sukma Pamungkas, Bimo, Iffa Miskana, Penerbit: Kabar Group Kantor Pusat: Jl AW Syahrani RT 09/6 Batu Ampar, Balikappan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia Telp.: 081347420231, 087841170982, 085652021853 Email: redaksi__kabarkaltim@hotmail.com